Legislatif Kabupaten Penajam Dukung Pembangunan Desa Menuju Mandiri

Ari B

Ketua DPRD PPU, Jon Kenedi.

Penajam, helloborneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD (lembaga legislatif) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mendukung pembangunan desa yang dilakukan pemerintah kabupaten setempat untuk menuju desa mandiri.

“Kami mendukung peningkatan status desa menjadi mandiri,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Jon Kenedi ketika ditemui helloborneo.com, Selasa.

Legislatif tegasnya, mendukung upaya eksekutif (pemerintah) dalam meningkatkan pembangunan dan perekonomian di setiap desa untuk mewujudkan desa mandiri.

Sampai saat ini lanjut Jon Kenedi, desa mandiri di Kabupaten Penajam Paser Utara disandang oleh tiga desa di kecamatan, dan desa mandiri harus lebih banyak lagi.

Desa mandiri tersebut di antaranya Desa Girimukti di Kecamatan Penajam, Desa Babulu Darat di Kecamatan Babulu dan Desa Sukaraja di Kecamatan Sepaku.

Mewujudkan desa mandiri itu jelas Jon Kenedi, perlu sinergitas atau kerja sama perencanaan pembangunan mulai tingkat desa hingga kabupaten.

“Pemerintah desa perlu berkomunikasi dan berkoordinasi terkait perencanaan fisik maupun non fisik,” ucap politikus Partai Demokrat tersebut.

“Komunikasi dan koordinasi itu harus dilakukan agar pembangunan desa berjalan lurus dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara,” tambah Jon Kenedi.

Ia mengimbau para petugas pendamping desa agar meninggalkan pola lama penyusunan program Anggaran Pendapatan Belanja Desa atau APBDes dan diganti dengan mengacu penilaian IDM (indeks desa membangun).

IDM tersebut meliputi ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan, dan Jon Kenedi optimistis jika kerja sama lintas wilayah berjalan, maka target jumlah desa mandiri di Kabupaten Penajam Paser Utara bisa terlampaui.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara menargetkan hingga 2023 terbentuk sembilan desa mandiri di daerah itu. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.