Ratusan Pelanggan Perumda Air Minum Penajam Tunggak Pembayaran Rekening Air

Ari B

Penajam, helloborneo.com – Ratusan konsumen Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sampai saat ini masih menunggak pembayaran rekening air, akibatnya perusahaan milik daerah itu mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Direktur Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Abdul Rasyid saat ditemui helloborneo.com, Senin mengungkapkan, tunggakan pembayaran rekening pelanggan air bersih sampai sekarang masih cukup tinggi.

Hingga Juli 2020 lanjut ia, tercatat masih sebesar lebih kurang Rp700 juta pembayaran rekening air Perumda Air Minum yang belum dilunasi oleh para pelanggan.

“Tunggakan pembayaran rekening air itu tercatat mulai dari tagihan 2016 dengan 600 orang pelanggan, akibatnya kami mengalami kerugian ratusan juta,” ujar Abdul Rasyid.

Sebelumnya menurut dia, nilai tunggakan pembayaran rekening air Perumda Air Minum mencapai lebih kurang Rp1,2 miliar dengan jumlah pelanggan yang belum melunasi pembayaran sekitar 900 orang.

Perumda Air Minum Danum Taka telah menyegel atau menghentikan penyaluran air terhadap sekitar 200 pelanggan yang tidak memiliki niat untuk melunasi tunggakan pembayaran rekening air.

Sementara bagi 600 orang konsumen yang tersisa diminta segera melunasi pembayaran rekening air, agar tidak semakin terbebani dengan penyesuaian tarif dasar air bersih baru yang diterapkan mulai 1 Agustus 2020.

“Awalnya sekitar 900 pelanggan yang menunggak, ada sejumlah pelanggan yang melunasi. Dari tunggakan Rp1,2 miliar saat ini tersisa Rp700 juta,” jelas Abdul Rasyid.

“Pelanggan tidak bisa melunasi tunggakan pembayaran rekening air sekaligus, jadi dicicil. Kalau tidak ada niat melunasi tunggakan dilakukan pemutusan sambungan pipa air pelanggan,” tambahnya.

Abdul Rasyid berharap masyarakat lebih disiplin untuk membayar rekening air agar tidak terjadi pemutusan saluran air dan Perumda Air Minum menderita banyak kerugian.

Menyangkut penyesuaian tarif dasar air bersih yang baru diterapkan ia menimpali lagi, diharapkan masyarakat dapat menyesuaikan yang perhitungannya dimasukkan dalam tagihan mulai September 2020. (bp/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.