KPU Balikpapan Gelar Rakor Bersama PPK, Operator PPK dan Ketua PPS se-kota Balikpapan

Foto Istimewa.

Balikpapan, helloborneo.com – KPU Balikpapan melaksanakan  Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Ketua PPK, Operator PPK dan Ketua PPS sekota Balikpapan dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Tahun 2020.

Rakor digelar di Aula Kantor KPU Kota Balikpapan, beberapa waktu lalu dihadiri oleh Plh KPU Kota Balikpapan , Mega Farriany Ferry, Komisioner KPU Kota Balikpapan, Yan Fauzi Wardana dan Syahrul Karim. Hadir pula Ketua dan Anggota PPK, Operator PPK dan Ketua PPS se-kota Balikpapan.

Rakor yang dipimpin Plh KPU Kota Balikpapan, Mega Farriany Ferry tersebut membahas persiapan pelantikan Anggota KPPS, Bimtek Anggota KPPS dan lainnya, seperti masih adanya warga yang belum masuk ke dalam DPT.

Hal ini dikarenakan saat melakukan Pencoklitan, masih ada saja warga tidak berada di rumah. Sehingga tidak sempat mengikuti Pencoklitan, kendati petugas PPDP sudah beberapa kali mengunjungi rumahnya, namun penghuninya tidak ada di rumah.

“Bisa saja saat dilakukan Pencoklitan penghuninya ke luar kota, sehingga mau tidak mau warga tersebut belum terdata saat petugas PPDP mengunjungi rumah warga tersebut. Hal ini bisa saja saat pencoklitan warga tersebut sedang berada di luar kota atau pindah, namun belum sempat melapor ke RT tempat ia tinggal. Sehingga warga yang belum sempat tercatat di DPT tetap bisa melakukan pencoblosan nanti. Asalkan warga tersebut membawa KTP Elektronik yang asli dan datang ke TPS sesuai dengan alamat yang ada di KPT,” ujar Mega Farriany.

Dalam Rakor ini juga membahas tentang persiapan TPS yang tersebar di kota Balikpapan. Sebanyak 1505 TPS tersebut, 4 TPS berada di Rumah Tahananan dan Lembaga Pemasyarakatan. Sisanya sebanyak 1.501 TPS menyebar ke seluruh RT di Balikpapan.

Sementara saat ini tercacat jumlah RT yang ada di Balikpapan mencapai 1.669 RT. Untuk masing masing TPS itu paling banyak berjumlah 300 orang pemilih.

Rakor ini juga membahas tentang kesiapan PPK dan PPS yang dalam waktu dekat ini telah disibukkan oleh beberapa kegiatan. Selain persiapan pelantikan dan Bimtek bagi petugas KPPS. PPK dan PPS selaku perpanjangan tangan KPU Kota Balikpapan akan mengurusi logistik Pilkada. Mulai dari kotak suara, bilik suara, surat suara, tinta, kertas plano, Aplikasi Sirekap dan lainnya.

“Jadi dari sekarang hingga seterusnya atau sehari sesudah pencoblosan dan penghitungan suara, tugas kita makin padat. Mulai dari persiapan logistik, pelipatan surat suara dan masih banyak lagi, hingga puncaknya adalah penghitungan suara,” pungkas Mega Farianny. (*adv/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.