RKPD Penajam 2022 Prioritaskan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi COVID-19

Bagus Purwa

Foto Plt Sekda Kabupaten PPU, Muliadi.

Penajam, helloborneo.com – Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur 2022, prioritaskan program pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.

“Rancangan awal RKPD 2022 telah disusun dengan sejumlah program prioritas,” ungkap Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Muliadi ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa.

Program prioritas yang tercantum pada rancangan RKPD 2022 tersebut lanjut ia, di antaranya pemulihan sosio-ekonomi serta perekonomian pasca mewabahnya virus corona.

Kegiatan prioritas lainnya dalam RKPD itu, penyediaan air minum dan sarana prasarana penyehatan lingkungan, serta peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan.

Kemudian pendampingan terhadap lembaga kemasyarakatan dan kelompok usaha ekonomi perdesaan, pembangunan sarana dan prasarana pendukung pemerintahan serta infrastruktur penting lainnya.

Pengembangan dan hilirisasi produk unggulan serta optimalisasi program penunjang peningkatan pendapatan daerah menurut Muliadi, juga menjadi program prioritas pada RKPD 2022.

“Penyusunan RKPD 2022 Kabupaten Penajam Paser Utara harus dilakukan secara efektif, berkualitas dan lebih produktif agar pembangunan berjalan maksimal,” ujarnya.

“Dibutuhkan komitmen seluruh pemangku kebijakan, pemerintah, pelaku usaha maupun masyarakat untuk mendukung pencapaian target pembangunan yang telah disepakati bersama.” tambah Muliadi.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, untuk memenuhi tahapan penyusunan RKPD kata Muliadi, pemerintah kabupaten mengadakan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD.

Forum konsultasi publik tersebut jelasnya, merupakan media para pemangku kepentingan melakukan pencermatan terhadap prioritas sasaran kegiatan, untuk memperoleh saran sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RKPD 2022.

Kepala OPD (organisasi perangkat daerah) diminta untuk memberikan perhatian penuh pada pelaksanaan forum konsultasi publik, sebab sebagai wadah untuk memberikan gambaran dalam penyusunan RKPD sebagai benang merah pelaksanaan kegiatan pada 2022. (adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.