Kodam VI/Mulawarman Ikut Sukseskan Latihan Bersama TNI AD-US Army Bertajuk “Garuda Shield”

Joko Sugiarto

Kodam VI/Mulawarman Ikut Sukseskan Latihan Bersama TNI AD-US Army Bertajuk “Garuda Shield”
Kodam VI/Mulawarman Ikut Sukseskan Latihan Bersama TNI AD-US Army Bertajuk “Garuda Shield”

Balikpapan, helloborneo.com – Kodam VI/ Mulawarman sebagai tuan rumah tengah mempersiapkan latihan bersama (latma) yang melibatkan TNI AD dan US Army yang terpusat di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Amburawang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Penerangan Kodam VI/Mulawarman (Pendam) melakukan pertemuan dengan wartawan yang akan terjun langsung ke lapangan. Membahas jadwal latihan dan teknis peliputannya, Selasa (3/8/2021)

Kapendam Kolonel Inf Taufik Hanif diwakili Kasi Pers Media Elektronik (Medlek) Mayor CPM M Sofyan Ardianto menjelaskan bahwa pada Rabu (4/8/2021) akan dilakukan upacara pembukaan latihan bersama antara TNI AD dengan US ARMY halaman di Makodam VI/ Mulawarman.

“Ada beberapa kegiatan di latihan bersama ini, kegiatan yang pertama yaitu upacara pembukaan latma tepatnya pada hari Rabu, di Makodam,” ujar Mayor Sofyan Ardianto.

Kemudian pada Kamis (5/8/2021) ada beachlanding di Tanah Merah, Samboja. Dilanjutkan dengan kegiatan penembakan mortir kaliber 60 mm pada Kamis (12/8/2021) mendatang. Ada juga kegiatan sport day dan culture day pada Jumat (13/8/2021).

“Terakhir upacara penutupan esoknya hari Sabtu (14/8/2021) yang rencananya dilaksanakan di Makodam atau di Batalyon Raider 600,” lanjut Sofyan Ardianto.

Dari beberapa kegiatan latihan bersama, pihak media diperbolehkan meliput dengan memilih salah satu kegiatan sesuai jadwal seperti yang diinformasikan.

“Untuk beachlanding kami menawarkan kepada rekan-rekan apakah ada yang mau ikut, karena waktunya ketika pasukan masuk kedudukan tepatnya di Pelabuhan Semayang itu pukul 02.30 Wita pagi. Jika memang ada yang berminat untuk ikut, nanti bisa hubungi kami untuk di-list terlebih dahulu,” tambahnya.

Setelah pasukan tiba, mereka akan bergeser untuk menaiki kapal utama. Setidaknya disiapkan dua kapal dan setelah itu akan bergeser ke Tanah Merah secara bersamaan antara TNI AD dan US Army. Sebab latma selain mempererat kerja sama dengan tentara luar, tetapi juga mengenalkan daerah.

Informasi tambahan kegiatan latihan bersama ini baru pertama kalinya dilaksanakan di tiga tempat sekaligus, jadi selain di Balikpapan, besok akan dilakukan juga pembukaan di Batu Raja Lampung, dan juga di Makalisung Manado. (sop/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.