Tidak Berlaku Sebagai Syarat Pelaku Perjalanan, Alat GeNose Senilai Rp90 Juta di Berau Nganggur

Gambar Istimewa.

Berau, helloborneo.com – Terbit kebijakan baru dalam persyaratan pelaku perjalanan yakni negatif antigen atau swab PCR, membuat alat GeNose di kabupaten Berau menganggur.

Sebelumnya, hasil tes dari alat GeNose telah ditetapkan dibeberapa jalur masuk ke kabupaten Berau, baik bandara, laut maupun jalur darat.

“Selama ini kan hasil GeNose kita pakai di perjalanan,  mulai pesawat maupun yang naik kendaraan lain kalau mau keluar daerah”, ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Iswahyudi, Rabu (18/8/2021).

Harganya yang relatif murah serta prosesnya yang mudah, menjadikan tes GeNose, sebagai pilihan bagi para pelaku perjalanan, dibandingkan dengan PCR ataupun antigen. Untuk kabupaten Berau, tes GeNose dibandrol dengan harga Rp60 ribu.

Kini sejumlah alat GeNose yang dimiliki pemerintah kabupaten Berau, tak lagi digunakan untuk keperluan perjalanan, hal tersebut seiring penerapan PPKM darurat, kemudian berubah menjadi PPKM level tiga, membuat GeNose tidak masuk dalam salah satu persyaratan.

“Hasilnya dianggap kurang akurat, jadi hasilnya tidak bisa lagi digunakan untuk syarat bepergian, itu setelah pemberlakuan PPKM berlevel ini,” tambahnya.

Iswahyudi melanjutkan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat, apakah kedepannya alat tersebut masih bisa digunakan, atau tidak bisa lagi.

“Apakah nanti digunakan kembali atau tidak, tergantung kebijakan pusat,” imbuhnya.

Sebelumnya diketahui investasi pemerintah daerah terhadap pengadaan alat GeNose sebanyak satu unit yakni dengan harga lebih dari Rp90 juta. Alat tersebut saat ini berada di Labkesda kabuapaten Berau, dan tak lagi digunakan untuk kepentingan masyarakat umum.

“Ada di Labkesda, biasa sesekali mereka gunakan skrining untuk internal mereka sendiri,” tutupnya. (nr/sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.