Cadangan Bahan Pokok di Penajam dan Paser Cukup Sampai Akhir Tahun

Bagus Purwa

Foto Persediaan Beras di PPU.

Penajam, helloborneo.com – Cadangan atau persediaan bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu sampai akhir tahun.

“Persediaan beras 982 ton, gula pasir 72 ton dan daging beku 1,3 ton,” ujar Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Pembantu Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Panji Lintang ketika dihubungi helloborneo.com dari Penajam, Senin.

“Kami juga masih menunggu tambahan persediaan sejumlah komoditas kebutuhan pokok, termasuk tepung dan minyak goreng yang dikirim dari Bulog pusat,” tambahnya.

Ketersediaan bahan kebutuhan pokok menurut Panji Lintang, masih aman, bahkan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dua kabupaten hingga akhir tahun.

Untuk persediaan beras, Bulog Tanah Grogot melakukan penyerapan padi dari petani lokal, yaitu petani di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser.

Sedangkan untuk komoditas bahan kebutuhan pokok selain beras kata Panji Lintang, Bulog Kantor Cabang Pembantu Tanah Grogot selalu melakukan koordinasi dengan Bulog pusat.

“Koordinasi dengan Bulog pusat dilakukan untuk pengiriman bahan pokok agar kebutuhan pokok di dua kabupaten tidak mengalami kekurangan,” ucapnya.

“Semua komoditas kebutuhan pokok dikirim melalui jalur laut, dan sampai saat ini tidak ada kendala dalam proses pengiriman bahan pokok itu,” kata Panji Lintang.

Apabila pengiriman bahan pokok terkendala ungkapnya, disebabkan produksi komoditas kebutuhan pokok di daerah penghasil lagi mengalami kesulitan atau ada kebijakan tertentu.

Persediaan daging beku sempat terhambat karena adanya kebijakan penutupan akses (lockdown) di negara penghasil karena pandemi COVID-19 .

Perum Bulog Kantor Cabang Pembantu Tanah Grogot memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser.(bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.