Perumda Kabupaten Penajam Dapat Dana Rp9,5 Miliar Untuk Air Bersih MBR

Bagus Purwa

Foto Direktur Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Abdul Rasyid.

Penajam, helloborneo.com – Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, mendapat dana penyertaan modal lebih kurang Rp9,5 miliar untuk sambungan air bersih bagi masyarakat kurang mampu atau MBR.

Direktur Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Abdul Rasyid saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Kamis menjelaskan, instansinya mendapatkan anggaran sekitar Rp9,5 miliar untuk menjalankan program hibah air minum MBR.

“Anggaran itu untuk program pemasangan meteran air dan pendukung lainnya dalam hibah air minum MBR,” ujarnya.

“Untuk pengerjaan jaringan ada yang sudah selesai dan ada yang masih dalam pengerjaan BPPW (balai prasarana permukiman wilayah),” tambah Abdul Rasyid.

Kabupaten Penajam Paser Utara pada tahun ini (2021) mendapatkan jatah 2.363 sambungan air bersih MBR dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

2.363 sambungan air bersih tersebut tersebar di empat kecamatan dengan menyasar 16 desa dan kelurahan di antaranya Kelurahan Nipah-Nipah, Nenang dan Kelurahan Sotek di Kecamatan Penajam.

Kemudian Desa Babulu Darat dan Babulu Laut di Kecamatan Babulu, serta Kelurahan Maridan di Kecamatan Sepaku.

“Untuk pemasangan jaringan pipa distribusi air bersih di wilayah Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam sudah selesai,” kata Abdul Rasyid.

Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara juga menargetkan pembangunan jaringan pipa distribusi air bersih di Kecamatan Babulu rampung pada Oktober 2021.

Saat ini pemasangan jaringan pipa distribusi air bersih tersebut menurut Abdul Rasyid, masih tahap pengerjaan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sedangkan instalasi pengolahan air bersih (water treatment plant/WTP) kapasitas 30 liter per detik jelasnya, mulai beroperasi melayani masyarakat. (adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.