Vaksinasi Tak Capai 50 Persen, PPU Naik PPKM Level 3

ES Yulianto

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Grace Makisurat.

Penajam, helloborneo.com – Melalui Instruksi Kementerian Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2021, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara dinaikan levelnya dari level 2 menjadi level 3 lantaran jumlah vaksinasi hingga kini tak mencapai 50% dari target.

Pada 18 Oktober 2021 Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan Instruksi Kementerian Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Untuk di Kabupaten Penajam Paser Utara levelnya dinaikan dari level 2 menjadi level 3. Dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Grace Makisurat menjelaskan bahwa saat ini capaian vaksinasi dosis satu baru sama 41% dari target 135.000 orang.

“Naik level karena vaksinasi belum capai 50%, kita baru capai 41% dari target,” Kata Grace melalui sambungan telepon, Selasa (19/10/21).

Grace menyebutkan bahwa capaian vaksinasi tergantung vaksin yang didistribusikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Saat ini jumlah vaksin yang didistribusikan sangat terbatas, sehingga capaian vaksin 41% dianggap hal yang wajar dan juga vaksin masih impor dari luar negeri.

“Jumlah vaksin yang terbatas. Kita tinggal menunggu vaksin tiba karena tidak diproduksi oleh pemprov melainkan masih impor. Tergantung didistribusikan oleh Pemprov ke Kabupaten,” ujarnya.

Diketahui hingga 18 Oktober 2021 jumlah kasus aktif terkonfirmasi covid-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara hanya mencapai 5 kasus aktif, tersebar di Kecamatan Sepaku 2 kasus, Kecamatan Penajam 2 kasus dan Kecamatan Babulu 1 kasus. (tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.