Desa Laburan Baru-Paser Bangun Lapangan Futsal Standar Nasional

TB Sihombing

Lokasi pembangunan lapangan futsal berstandar nasional. (TBS)
Lokasi pembangunan lapangan futsal berstandar nasional. (TBS)

Paser, helloborneo.com – Desa Laburan Baru, Kecamatan Paser Belengkong, Kabupaten Paser, bakal membangun lapangan futsal berstandar nasional, sebagai bentuk perhatian dan dukungan pemerintah desa terhadap kemajuan olahraga.

Kepala Desa Laburan Baru, Al Aziz Abdillah saat dihubungi helloborneo.com di Paser, Sabtu menyatakan, ditargetkan pembangunan lapangan futsal dilaksanakan pada 2022 dengan memanfaatkan anggaran dana desa 2021. 

Anggaran dana desa yang dialokasikan untuk pembangunan lapangan futsal dengan ukuran panjang 25 hingga 42 meter dengan lebar 16 hingga 25 meter tersebut sekitar Rp400 juta.

“Pembanguan lapangan futsal kami lakukan untuk percepatan pembangunan bidang olahraga di desa. Nilainya sudah kami tentukan dengan pengerjaan selama dua tahun pembangunan,dan sudah dibuatkan rancangannya,” ujar Kades termuda di Kabupaten Paser itu.

Konsep bangunan lapangan yang dirancang dalam ruangan (indoor) tersebut selain ditargetkan menjadi salah satu sumber PADes (pendapatan asli desa), juga untuk mendongkrak perekonomian masyarakat dan pengembangan potensi desa bukan hanya dari hasil pertanian dan perkebunan. 

Pria lajang 27 tahun tersebut menilai langkah yang dilakukan dimasa pemerintahannya, justru sangat berbeda dengan desa lainnya. Jika sejumlah Desa lain sedang fokus menggalakkan potensi pariwisata, Desa pecahan Laburan ini lebih melirik peluang olahraga yang juga didasari SDM yang dimiliki.

“Target ini sudah langkah yang tepat dan beda. Kalau baru mau mencari potensi pariwisata kami sudah terlambat. Jadi bidang olahraga adalah hal yang tepat, tinggal strategi lainnya kami upayakan setelah jadi,” jelas Kades millenial itu.

Tidak hanya lapangan futsal, pemerintah desa juga mengupayakan agar segera dibangun lapangan bola melalui usulan ke DPRD Provinsi Kaltim dan Pemkab Paser. Hal itu dibeberkan setelah bertemu dengan Anggota DPRD Provinsi Kaltim yang melangsungkan reses di desanya.

“Ke depan kami rencanakan juga pembangunan lapangan bola, tapi kalau gunakan dana desa pastinya tidak cukup. Jadi kami upayakan mengusul melalui DPRD Provinsi atau dari Pemkab Paser melalui APBD, masyarakat setuju karena ini keinginan warga,” kata Al Aziz Abdillah. (bp/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.