Kabupaten Penajam Gelar Vaksinasi Secara Maraton Percepat Kekebalan Komunal

Bagus Purwa

Penajam, helloborneo.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, menggelar vaksinasi COVID-19 secara maraton untuk mendorong percepatan kekebalan kelompok di daerah itu.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Meiske R Lahama saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Sabtu mengatakan vaksinasi dilakukan maraton selama lima hari berturut-turut dengan sasaran 11.700 dosis.

“Langkah percepatan vaksinasi ini untuk mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di wilayah ini,” ujarnya.

Untuk vaksinasi massal virus corona di wilayah Kecamatan Penajam dipusatkan di gedung Graha Pemuda Kilometer 8 Nipah-Nipah.

Vaksinasi digelar serentak di beberapa fasilitas kesehatan yakni di Polres Penajam Paser Utara, Puskesmas Petung, Puskesmas Penajam, dan Dinas Kesehatan.

“Kuota vaksinasi massal di gedung Graha Pemuda 1.170 dosis per hari. Dinas Kesehatan dan Puskesmas masing-masing 300 dosis per hari dan Polres 270 dosis per hari,” jelasnya.

Vaksinasi massal juga dilaksanakan di lima Puskesmas di Kecamatan Waru dan Babulu dengan target 1.170 sasaran setiap Puskemas.

“vaksinasi COVID-19 di wilayah pesisir, yakni di Kelurahan Jenebora, Pantai Lango dan Gersik dengan target sama, 1.170 sasaran,” ucapnya.

Vaksinai massal terus dilakukan untuk mendorong naiknya capaian vaksinasi, dimana saat ini cakupan vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Penajam Paser Utara sekitar 48 persen.

Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara menargetkan capaian vaksinasi dosis pertama bertambah delapan persen atau naik menjadi 56 persen.

Cakupan vaksinasi dosis kedua di Kabupaten Penajam Paser Utara sekitar 27 persen, capaian vaksinasi bagi petugas pelayanan publik dan tenaga kesehatan mencapai lebih dari 100 persen. (bp/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.