Harga Cabai Di Pasar Tradisional Kabupaten Penajam Naik Cukup Tinggi

Bagus Purwa

Penajam, helloborneo.com – Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara, sejak sepekan terakhir mengalami kenaikan cukup tinggi akibat meningkatnya permintaan konsumen, sementara pasokan tidak ada penambahan.

Pantauan helloborneo.com, Rabu, saat ini harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara mengalami kenaikan harga rata-rata sekitar Rp15.000 per kilogram.

Sebelumnya pedagang di sejumlah pasar tradisional menjual cabai dengan harga Rp25.000 per kilogram dan saat ini naik menjadi Rp40.000 per kilogram.

“Naiknya harga cabai terjadi sejak beberapa hari terakhir karena permintaan pembeli cukup tinggi,” ucap salah seorang pedagang, Parmi.

“Persediaan sedikit sehingga harga cabai melonjak, dan persediaan tidak bisa dilakukan dalam jumlah banyak karena cepat busuk,” tambahnya.

Cabai di pasar tradisional jelas Kasi Bina Pasar dan Distribusi Diskukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara Marlina, mayoritas dipasok dari luar daerah.

Kenaikan harga cabai yang terjadi di sejumlah pasar tradisional tersebut diperkirakan akibat produksi di daerah penghasil menurun.

“Pasokan cabai berasal dari petani lokal serta dari luar daerah dan untuk cabai kalau hujan produksinya turun, sementara permintaan pasar tinggi,” ucapnya.

Beberapa pekan terakhir ia menimpali lagi, curah hujan cukup tinggi sehingga mengakibatkan produksi cabai mengalami penurunan.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperindag) Kabupaten Penajam Pase Utara terus memantau perkembangan komoditas pangan untuk mengantisipasi lonjakan harga yang cukup signifikan.

“Harga komoditas bahan kebutuhan pokok lainnya seperti bawang merah dan bawang putih di sejumlah pasar tradisional terpantau masih relatif stabil,” kata Marlina. (bp/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.