Kabupaten Penajam Terapkan Pembatasan Selama Libur Natal-Tahun Baru

Bagus Purwa

Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Muliadi di Kantor Bupati.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, menerapkan sejumlah pembatasan selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 untuk mencegah terjadinya kerumunan yang rawan menyebabkan penularan COVID-19.

“Selama libur 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 diberlakukan pembatasan di masa Natal dan tahun baru,” ujar Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Muliadi ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Jumat.

Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, jelas dia, mengikuti asesmen atau evaluasi situasi pandemi dengan sejumlah pengetatan.

Kegiatan perayaan Natal, lanjut ia, cukup dirayakan di rumah masing-masing di luar kegiatan ritual keagamaan di rumah ibadah.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga melarang kegiatan konvoi atau arak-arakan dalam menyambut pergantian tahun.

“Pemerintah kabupaten mengambil kebijakan, kegiatan Natal dan tahun baru ditiadakan dari sisi kerumunan menghindari adanya penularan virus corona,” ucapnya.

“Penetapan berbagai pembatasan itu salah satunya penutupan tempat-tempat yang berpotensi ramai saat libur Natal dan akhir tahun,” tambahnya.

Penerapan pembatasan tersebut agar masyarakat Benuo Taka (sebutan Kabupaten Penajam Paser Utara) tidak membuat kegiatan yang melibatkan orang banyak saat Natal dan tutup tahun.

Kebijakan menutup obyek-obyek wisata juga akan dilakukan menurut dia, tetapi masih menunggu surat edaran resmi dari Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri.

“Kemungkinan akan mengambil langkah seperti itu tapi menunggu edaran pemerintah pusat untuk kepastian, kesadaran masyarakat harus tetap dijaga,” kata Muliadi.

Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini menjadi wilayah dengan status zona hijau, sejak 3 Desember 2021 wilayah Benuo Taka nol kasus aktif COVID-19. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.