Vaksinasi COVID-19 Anak 6-11 Tahun Di Balikpapan Dimulai

David Purba

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun hari pertama di Kota Balikpapan, Rabu.

Balikpapan, helloborneo.com – Vaksinasi perdana bagi kelompok anak usia 6-11 tahun di Kota Balikpapan dimulai, Rabu di BSSC Dome dengan menggunakan vaksin COVID-19 jenis Sinovac sebanyak 1.500 dosis.

Pada vaksinasi anak 6-11 tahun hari pertama, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan memilih pelajar SD Negeri 013 dan 014 Kelurahan Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan sebagai peserta vaksin.

“Posisi dua sekolah itu berdekatan dengan sentra vaksinasi BSCC Dome, dan orang tua murid juga siap untuk menghadirkan anaknya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty ketika ditemui helloborneo.com.

Selain di BSSC Dome, vaksin bagi anak juga dibuka di fasilitas kesehatan lainnya seperti Pusekesmas dan Gedung Kesenian pada Selasa dan Kamis.

“Sekolah silakan menghubungi Puskesmas wilayah setempat agar petugas bisa datang ke sekolah. Kami menargetkan pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun selesai pada Februari 2022,” ujarnya.

Di Kota Balikpapan, tercatat sebanyak 81.404 anak berusia 6-11 tahun yang menjadi sasaran vaksinasi, dari data tersebut yang masuk kategori sebagai anak sekolah sebanyak 67.800 peserta didik.

Ia menjelaskan, vaksinasi anak masuk dalam tahapan vaksinasi nasional, sebelum melaksanakan vaksinasi untuk anak sudah melalui persetujuan BPOM dan Ikatan Dokter Anak Indonesia, juga SK dari Kementerian Kesehatan yang dikeluarkan Selasa (14/12).

“Dalam lampiran surat Menkes tercantum bahwa Balikpapan merupakan kota yang ditetapkan menjalankan kick off kemarin (Selasa 14/12). Tapi kami mundur hari ini (Rabu 15/12) karena tidak bisa menjalankan dalam satu hari,” ungkapnya.

Hingga saat ini capaian vaksinasi di Kota Balikpapan sudah mencapai 97,9 persen dosis satu dan 79,29 persen dosis dua.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud memberikan apresiasi dilaksanakannya program vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun, dan berterima kasih keada TNI-Polri yang memberikan dukungan bersama Dinas Kesehatan.

Menurutnya ini adalah permulaan, karena Balikpapan termasuk kota yang pertama di Kalimantan Timur dalam pelaksanaan vaksiansi anak usia 6-11 tahun dan sangat baik untuk melindungi seluruh warga setempat. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.