Festival Literasi Rangsang Tumbuhkembangkan Minat Baca Pelajar

David Purba

Balikpapan, helloborneo.com – Pagelaran festival literasi yang digelar di Kota Balikpapan sejak Juni hingga Desember 2021 sebagai upaya merangsang tumbuhkembangkan minat baca pelajar pada masa pandemic COVID-19 di daerah itu.

Puncak acara festival literasi yang dimulai dari menulis puisi, pantun dan cerpen yang akan dibukukan dalam antalogi tersebut pada hari ini (Selasa 21/12).

Siswa-siswa sekolah yang dilibatkan mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA itu diharapkan mampu meningkatkan minat baca di masa pandemi yang merosot tajam akibat adanya kebijakan belajar dari rumah.

“Memang kalau di masa pandemi ini kami memang agak keteteran diminat baca siswa, karena memang mereka full belajar nya dirumah, itulah yang melatarbelakangi saya bersikukuh untuk mengadakan festival literasi ini,” Jelas Koordinator Literasi Balikpapan Vina Dwi Lestari ketika ditemui helloborneo.com.

Sejak digelar Juni 2021, Balikpapan menjadi kota terbanyak untuk peserta yang terlibat dalam festival literasi tersebut.

“Pesertanya itu alhamdulilah, Balikpapan mencapai peserta tertinggi dipagelaran yang dilaksanakan di seluruh Indonesia itu sekitar 12.900 peserta mulai dari pelajar SD SMP hingga SMA,” ujarnya.

Kategori lomba festival literasi sendiri melombakan beberapa kategori untuk siswa di masing-masing tingkatan. Yang semuanya merupakan materi pelajaran di sekolah.

“Yang dilombakan itu menulis pantun, puisi, dan cerpen,” jelas Vina Dwi Lestari.

Dengan adanya festival literasi tersebut, diharapkan minat baca siswa di Kota Balikpapan dapat tumbuh kembali meski masih dalam masa pandemi COVID-19.

“Karena memang selama pandemi ini kota memang survei tingkat baca anak-anak menurun drastis. Sekarang bagaimana caranya kita meningkatkan minat baca anak-anak, yaitu dengan salah satu cara seperti saat ini,” ucapnya. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.