Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Di Kabupaten Bulungan Sepanjang 2021

ES Yulianto

Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Bulungan, AKBP Ronaldo Maradona didampingi oleh Wakil Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Bulungan, Kompol William Wilman Sitorus pada kesempatan Press Conference akhir tahun 2021,(31/12/21).

Bulungan, helloborneo.com – Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara mengalami peningkatan, 2020 sebanyak 38 kasus dan 2021 sebanyak 39 kasus atau mengalami peningkatan satu kasus.

Kendati hanya naik satu kasus, jumlah korban meninggal dunia dan luka berat dalam kecelakaan lalu lintas mendominasi sehingga harus menjadi perhatian bersama.

Dalam jumpa pers akhir tahun, Jumat, Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Bulungan AKBP Ronaldo Maradona mengatakan, jumah kasus kecelakaan lalu lintas mengalami peningkatan, didominasi oleh kasus kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia dan luka berat.

“Sisi lakalantas juga mengalami peningkatan, 2020 itu ada 38 kasus sementara 2021 meningkat satu kasus menjadi 39 tapi yang peru dicermati di sini kejadian meninggal dunia dan luka berat meningkat,” kata dia kepada helloborneo.com.

Jumlah korban meninggal dunia dan luka berat dijelaskan yakni 17 kasus pada 2020 dan 22 kasus pada 2021, dan harus menjadi perhatian bersama tidak hanya dari pihak kepolisian melainkan juga masyarakat selaku pelaku berlalulintas.

“Jadi Tahun sebelumnya (2020) 17 kasus tahun 2021 ada 22 kasus yang meninggal dunia. Jadi untuk Kabupaten Bulungan cukup tinggi peningkatan jumlah korban meninggal dunia, tentu ini tidak hanya dari pihak kepolisian melainkan juga perhatian dari masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan bahwa kejadian kasus lakalantas terbanyak di jalan luar perkotaan, di mana keberadaan petugas kepolisian tidak dapat menjangkau lokasi tersebut untuk memantau situasi masyarakat dalam berkendara.

“Kebanyakan kasus kecelakaan ini terjadi di jalan lintas di luar perkotaan, di mana keberada petugas kami juga tidak sampai ke situ. Ini perlu kesadaran bersama masyarakat demi keselamatan dirinya masing masing dalam berlalulintas,” ungkapnya.

Kapolres Kabupaten Bulungan ini menghimbau kepada masyarakat dalam berlalulintas harus mematuhi pedoman berlalulintas dengan mengedepankan rasa aman karena masyarakat sendiri yang akan menjadi korban bila hal tersebut diabaikan. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.