Fraksi Golkar-PKS Akan Patuhi PAW Ketua DPRD PPU

ES Yulianto

Rapat Badan Musyawarah (Banmus) di ruang rapat lantai 3 kantor DPRD Kabupaten PPU. (ESY)
Rapat Badan Musyawarah (Banmus) di ruang rapat lantai 3 kantor DPRD Kabupaten PPU. (ESY)

Penajam, helloborneo.com – 1 April 2022 seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar rapat Badan Musyawarah (Banmus) di ruang rapat lantai 3 kantor DPRD Kabupaten PPU.

Selain membahas agenda kerja selama April 2022, juga membahas surat pergantian Ketua DPRD Kabupaten PPU, Jhon Kenedy oleh Anggota Komisi I DPRD Kabupaten PPU Syahrudin yang akan disahkan dalam rapat Paripurna 14 April 2022 mendatang.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Wakidi. (Ist)
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Wakidi. (Ist)

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Wakidi mengatakan dalam paripurna berjalan sesuai usulan Partai Demokrat. Hal tersebut karena surat pergantian Ketua DPRD Kabupaten PPU telah masuk kesektariatan.

“Kemudian nanti insyaallah pak Syahruddin yang diusulkan dari Demokrat karena sudah ada surat yang masuk,” Kata Wakidi.

Sedangkan secara dukungan, Wakidi yang juga Ketua Komisi II DPRD Kabupaten PPU ini mengatakan setuju atas surat tersebut. Dirinya beralasan bahwa pergantian tersebut telah direncanakan sesuai keputusan partai.

“Saya kira secara normatif semuanya menyetujui karena itu keputusan partai masing-masing mengadakan pergantian,” ucapnya

Ketua Fraksi Partai Golkar ini, Andi Yusuf. (ESY)
Ketua Fraksi Partai Golkar ini, Andi Yusuf. (ESY)

Sedangkan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten PPU, Andi Yusuf menyampaikan bila telah memenuhi tahapan dari masing-masing internal Partai Demokrat maka sekretariat harus memfasilitasi, dan mengagendakan rapat paripurna.

“Kalau memang umpamanya itu sudah memenuhi tahapan sesuai internal partai secara kelembagaan sekretariat mengagendakan paripurna terkait pergantian itu,” ujar Andi Yusuf.

Untuk pergantian tersebut menurut Ketua Fraksi Partai Golkar ini, Andi Yusuf menjelaskan bahwa rapat paripurna tanggal 14 April 2022 sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

“Tadi sudah disepakati oleh kedua belah pihak baik pak Jhon Kenedy selaku ketua DPRD yang akan digantikan oleh pak Syahruddin,” jelasnya.

Andi Yusuf menyampaikan hal yang paling penting adalah proses pergantian dari partai telah sesuai aturan partai masing-masing. Sedangkan langkah diluar partai Demokrat hanya bisa netral dan menjalankan sesuai tahapan yang telah ditentukan dalam tata tertib.

“Yang penting sesuai degan prosedur masing-masing partai karena setiap partai punya aturan anggaran dasar rumah tangga dari partai itu sendiri. Sedangkan kalau kita dari partai lain ini kan cuma menjalankan sesuai prosedural, ketentuan dalam tata tertib ataupun aturan yang lain,” tutupnya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.