Dinas Dukcapil Penajam Rencanakan Perekaman KTP Elektronik ke Sekolah

ES Yulianto

Pelaksana tugas Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Mawar (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara berencana melakukan perekaman KTP (kartu tanda penduduk) elektronik ke setiap sekolah menindaklanjuti permintaan Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri untuk mendata peserta didik tingkat menengah atas.

“Kami akan tindak lanjuti arahan Kemendagri yang minta dinas untuk mengurus data administrasi kependudukan dengan mendata murid sekolah menengah atas,” ujar Pelaksana tugas Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Mawar ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Rabu.

Layanan “jemput bola” atau mendatangi warga untuk pengurusan administrasi kependudukan yang menjadi andalan instansinya lanjut dia, akan dilakukan dengan melaksanakan perekaman ke setiap peserta didik yang dianggap akan menjadi pemilih pemula.

“Kami jemput dengan lakukan pengurusan KTP elektronik yang di sekolah dulu, perekaman pemilih pemula untuk Pilpres 2024,” ujarnya.

Sedangkan untuk layanan “jemput bola” yang biasanya menurut dia, yakni ke setiap desa dan kelurahan tetap akan dilakukan setelah seluruh murid sekolah tingkat menengah atas selesai menjalani perekaman.

Peserta didik yang bakal menjadi sasaran utama adalah murid kelas dua dan tiga SMA (sekolah menangah atas) dan sederajat, sedangkan untuk siswa kelas satu hanya akan dilakukan perekaman bila pada 2023 atau 2024 menginjak usia 17 tahun.

“Murid SMA dan sederajat yang sudah kelas dua dan kelas tiga cuma memiliki KTP. Kalau kelas satu juga akan kami data karena 2023/2024 sudah 17 tahun,” jelasnya.

Perekaman KTP elektronik ke setiap sekolah tersebut dilakukan untuk mempermudah pendataan menjelang pemilihan umum, sehingga saat mencapai umur 17 tahun hasil perekaman akan dicetak oleh DInas Dukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Perekaman ke setiap sekolah itu untuk persiapan Pilpres. Jadi kami persiapkan dari awal dan nanti kalau sudah 17 tahun baru kami cetak,” ucapnya.

Rencana perekaman ke setiap sekolah tersebut akan dimulai pada bulan ini (Juni 2022) kata Mawar, yang dilakukan langsung ke sekolah masing-masing. (adv/bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.