Konsentrasi Perkecil Kesenjangan Digital Masyarakat Sekitar IKN

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono (mengenakan topi) saat menjadi pembicara utama “Bincang Asik di Titik Nol”. (Foto: Ist/ dok. Tim Transisi IKN)

Sepaku, helloborneo.com – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) berkomitmen menerapkan sistem teknologi yang mampu membantu berbagai aspek kehidupan masyarakat sekitar.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono di sela “Bincang Asik di Titik Nol” dengan tema “IKN dan Indonesia Emas 2045: Transformasi dan Inovasi dalam Konteks Kemerdekaan” pada Kamis (18/8/2022).

“Kita akan wujudkan kota cerdas dalam bentuk kota yang memiliki kecanggihan teknologi yang bisa membantu kehidupan sehari-hari,” ujarnya di Titik Nol Nusantara.

Dengan begitu, Dia memperkirakan nantinya terjadi lompatan penerapan teknologi canggih dalam aktivitas sehari-hari masyarakat di IKN.

“Tentu akan ada sistem transportasi cerdas, sistem manajemen gedung cerdas, energi cerdas, kendaraan tanpa awak, dan pertukaran data secara elektronik di IKN nantinya,” kata Bambang.

Namun, melihat kondisi riil saat ini, upaya memperkecil kesenjangan digital (digital divide) di tengah masyarakat IKN sangat penting untuk dilakukan. Langkah tersebut antara lain melalui pengadaan pusat data dan komunitas digital di Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku. 

“Itu sebabnya kita siapkan dari sekarang. Ini akan kita bangun secara bertahap. Ekosistem kemudahan hidup, bekerja, dan belajar akan tercipta di IKN Nusantara,” ujar Bambang. 

Turun Widodo, warga Desa Bukit Raya mengaku mulai merasakan adanya peningkatan penerapan teknologi dalam aktivitas sehari-hari di wilayah IKN. Aplikasi simpledesa. Yang diperkenalkan Telkom kepada warga, terkhusunya Dia sendiri diakui sangat membantu aktivitas perekonomian.

“Kami warga yang sudah menggunakannya saat ini bisa mengakses jual beli karena di situ ada fitur pasar desa. Harapan kami simpledesa bisa dikembangkan untuk membantu kemajuan dan perekonomian desa,” ujarnya. (yor)





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.