Labangka Barat Tunggu Arahan Pemkab PPU Terkait PT KJM

NB Purwaniawan

Penajam, helloborneo.com – Pemerintahan Desa Labangka Barat, Kecamatan Babulu menunggu arahan dari Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, terkait rencana PT Kaltim Jaya Mineral (KJM) bakal melakukan aktivitas penambangan batu batu di daerah itu.

Selain menunggu arahan dari Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menurut Kepala Desa Labangka Barat, Kecamatan Babulu, Joko Sadyono di Penajam, Senin, juga meminta arahan dari DPRD setempat terhadap penambangan batu bara yang akan dilakukan PT KJM.

Pemerintahan Desa Labangka Barat, Kecamatan Babalu, Kabupaten Penajam Paser Utara telah menyampaikan surat kepada Pelaksana tugas Bupati Hamdam Pongrewa dan Ketua DPRD Syahruddin M Noor untuk meminta arahan terkait tambang batu bara.

Surat yang dilayangkan berisikan aspirasi warga Desa Labangka Barat yang menolak rencana PT KJM melakukan kegiatan penambangan batu bara karena bisa merusak lingkungan.

Pemerintahan Desa Labangka Barat masih menunggu jawaban atau arahan dari Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dan DPRD setempat terkait surat yang telah disampaikan tersebut.

“Kami sudah bersurat dan mohon arahan kepala daerah dan Ketua DPRD terkait penolakan warga terhadap penambangan batu bara,” kata dia.

Namun surat yang telah disampaikan Pemerintahan Desa Labangka Barat lanjut dia, belum mendapat jawaban atau balasan dari pemerintah kabupaten dan DPRD.

Warga Desa Labangka Barat, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, sebelumnya menolak PT KJM melakukan penambangan batu bara karena bisa merusak lingkungan di daerah itu.

PT KJM tetap bakal melakukan aktivitas penambangan batu bara di wilayah Desa Labangka Barat, kendati ada penolakan dari warga setempat.

Manajemen perusahaan mengaku telah memiliki perizinan dan dokumen lengkap untuk melakukan penambangan batu bara dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan instansi terkait lainnya.

Lebih kurang 100 warga Desa Labangka Barat dalam berita acara sosialisasi jelas Joko Sadyono, menolak penambangan batu bara PT KJM karena dikhawatirkan akan berdampak dan merusak lahan pertanian dan perkebunan. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.