Progres Pembahasan Tiga Raperda Capai 85 Persen 

L Gustian

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten PPU. (ESY)
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten PPU. (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menangani tiga rancangan paraturan daerah (Raperda), yaitu Raperda tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Daerah, Raperda tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pondok Pesantren dan Raperda tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Dikonfirmasi perihal ini, Ketua Pansus I DPRD Kabupaten PPU, Sariman, Senin (17/10) mengatakan tiga Raperda yang ditangani tersebut dalam proses pembahasan, dimana progresnya mencapai 85 persen.

“Ketiga Raperda yang kami tangani di Pansus I sudah mencapai 85 persen,” kata Sariman.

Sariman dan Jhon Kenedy, anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara. (ESY)
Sariman dan Jhon Kenedy, anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara. (ESY)

Sariman menjelaskan, Pansus I mengalami kendala dalam pembahasan Raperda tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pondok Pesantren dan Raperda tentang Badan Permusyawaratan Desa.

“Saat ini kendala yang kami alami lantaran referensinya tidak banyak. Brlum banyak kabupaten/kota di Kaltim memiliki Perda pondok pesantren dan BPD,” jelasnya. 

Anggota DPRD Kabupaten PPU, Sariman. (ESY)
Anggota DPRD Kabupaten PPU, Sariman. (ESY)

Raperda tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Daerah akan kembali dibahas pekan ini. Pansus I akan mengundang seluruh kepala desa dan BPD di PPU untuk dimintai tanggapan dan masukan. 

Raperda tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Daerah terdapat pasal yang mengharuskan penggunaan APBDes untuk program pengarusutamaan gender. 

“Untuk itu kami akan undang kepala desa dan BPD untuk mendengarkan tanggapan dan masukan dari mereka,” katanya.

Target Pansus I, pembahasan ketiga Raperda ini rampung diakhir Oktober 2022. Rencananya hasil pembahasan dari tiga Raperda akan diplenokan pada 26 Oktober. 

“Paripurna penetapan Raperda menjadi Perda akan dilaksanakan 2 November 2022,” pungkasnya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.