Paser jadi Kabupaten Pertama Terbitkan SP2B Online

Tontong Bhakti Sihombing

Bupati Paser dr Fahmi Fadli. (Ist)
Bupati Paser dr Fahmi Fadli. (Ist)

Paser, helloborneo.com – Paser menjadi kabupaten pertama yang mengimplementasikan penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) secara online penuh pada SIPD terintegrasi dengan Bankaltimtara.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Yeni Indah Susanti saat agenda di Lantai 5 Panin Tower Senayan City Bankaltimtara Cabang Jakarta, Kamis (27/10).

Bupati Paser dr Fahmi Fadli mengatakan pengelolaan keuangan daerah adalah bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah untuk dilakukan secara tertib.

“Taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat,” ucap Fahmi Fadli.

Capain yang dilakukan oleh Pemkab Paser dalam pengelolaan keuangan daerah membuat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengganjar sembilan kali berturut-turut opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Opini ini dinilai Fahmi bukan tujuan akhir, namun lebih dari itu untuk mewujudkan pemerintahan yang berintegritas, profesional dan bebas praktik korupsi.

Fahmi berharap adanya SP2D online semakin menyederhanakan birokrasi, sehingga memudahkan percepatan proses belanja di masing-masing perangkat daerah. Ujungnya ialah terwujudnya efisiensi, kecepatan, tepat waktu dan transparan dalam proses belanja daerah.

“Hasilnya program pembangunan mempunyai manfaat besar bagi warga,” tutur Fahmi.

Pada agenda itu, bupati didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Paser Adi Maulana, Manajemen Bankaltimtara dan Pimpinan Cabang Bankaltimtara Yudhi Susatyo. (adv/bs/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.