Kasus Gagal Ginjal Marak, Syahrudin Minta Masyarakat Tidak Sembarangan Konsumsi Obat

L Gustian

Ketua DPRD Kabupaten PPU, Syahrudin M Noor. (Ist)
Ketua DPRD Kabupaten PPU, Syahrudin M Noor. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) meminta masyarakat teliti dalam membeli obat. Karena, ditemukan kasus gagal ginjal akut berkat fomepizole akibat pencemaran senyawa kimia yang terdapat pada obat-obatan sejenis sirup.

“Saya minta masyarakat waspada dan berhati-hati saat membeli obat-obatan. Apalagi kalau obat itu sudah jelas dilarang oleh Kementerian Kesehatan,” kata Syahrudin M Noor, Ketua DPRD Kabupaten PPU, Sabtu (29/10)

Syahrudin menekankan, pembelian obat anak secara sembarangan dan tanpa resep dokter, bisa berakibat fatal. Dalam jangka panjang akan berdampak pada penyakit gagal ginjal akut yang sat ini tengah ditangani serius oleh pemerintah pusat.

Sejumlah petugas kepolisian mendatangi sebuah apotek. (Dok)

Kasus kematian akibat gagal ginjal akut juga terjadi di wilayah Kabupaten PPU. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten PPU saat ini tengah melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) riwayat pasien.

“Saat ini masyarakat harus betul-betul mengantisipasi. Kalau ada anaknya demam jangan di kasih sembarang obat. Tetapi konsultasikan ke dokter terlebih dulu, mana yang boleh mana yang dilarang,” tambah Syahrudin.

lustrasi - Obat batuk sirop,19 Oktober 2022. (Foto: REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana)
lustrasi – Obat batuk sirop,19 Oktober 2022. (Foto: REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana)

Untuk diketahui, sampai saat ini terdapat 250 lebih kasus gagal ginjal akut terjadi di seluruh wilayah Indonesia sejak periode September hingga Oktober. Persentase kematian akibat gagal ginjal akut mencapai 56 persen atau 143 kasus.

Fenomena gagal ginjal akut pada anak disebabkan oleh cemaran zat kimia Etilen Glikol (EG), Dietilen Glikol (DEG), dan Etilen Glikol Butil Eter (EGBE) pada obat sirup.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait larangan penjualan obat sirup di berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas maupun apotek. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.