Kemnaker-Pemkab PPU Resmikan Anjungan SIAPKerja IKN

Tun MZ

Anjungan SIAPKerja diresmikan Plt Bupati PPU, Hamdan Pongrewa bersama Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa. (Ist)
Anjungan SIAPKerja diresmikan Plt Bupati PPU, Hamdan Pongrewa bersama Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Keseriusan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI dalam mendukung pemindahan ibu kota negara ke Kaltim patut mendapat apresiasi tinggi. Untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kemnaker tengah melakukan berbagai upaya dalam rangka menyiapkan sarana dan prasarana baik fisik maupun Sumber Daya Manusia bagi masyarakat.

Yang terbaru, Kemnaker menyiapkan sarana penting ketenagakerjaan berupa Anjungan sistem informasi dan aplikasi pelayanan ketenagakerjaan (SIAPKerja) di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim).

Anjungan SIAPKerja diresmikan Plt Bupati Penajam Paser Utara Hamdan Pongrewa, disaksikan jajaran rombongan Kemnaker dan FKPD PPU, Sabtu, 19/11/2022. Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa dalam sambutannya pada peresmian kemarin, Anjungan SIAPKerja di Kawasan sekitar IKN ini merupakan dukungan Kemnaker kepada Pemerintah Kabupaten PPU yang menjadi titik pembangunan Kawasan IKN untuk memberikan layanan sistem informasi dan aplikasi berupa one stop services pelayanan terintegrasi bidang ketenagakerjaan bagi masyarakat.

Disebutkan Stafsus Caswiyono Rusydie, Anjungan SIAPKerja ini, mengintegrasikan seluruh layanan Ketenagakerjaan dalam satu ekosistem Ketenagakerjaan yang utuh. Mulai dari pelatihan, sertifikasi dan penempatan. 

“Tidak hanya bagi para pencari kerja dibidang industry dan perusahaan saja, tetapi bisa juga bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha dan berwiraswasta dengan meningkatkan kompetensi dalam bidang tertentu,” kata dia.

Peresmian Anjungan SIAPKerja. (Ist)
Peresmian Anjungan SIAPKerja. (Ist)

Di Anjungan SIAPKerja, pencari kerja dapat mengakses informasi secara lengkap mulai dari karirhub(informasi lowongan pekerjaan), skillhub (pelayanan yang mengkhususkan pada peningkatan kompetensi pencari kerja agar makin tinggi dan memenuhi kriteria kebutuhan tenaga kerja baik dari sektor industri maupun sektor lainnya,) sertihub (pelayanan sertifikasi ketenagakerjaan untuk standar kompetensi dengan kualitas yang terjamin untuk setiap pelatihan), bizhub (sistem layanan untuk memfasilitasi tenaga kerja mandiri dalam rangka program perluasan kesempatan kerja.) Selain itu, Kemnaker juga menyediakan sarana aplikasi Wajib Lapor Ketenagakerjaan Perusahaan, Tenaga Kerja Asing dan PP/Perjanjian Kerja Bersama. 

Penyediaan Anjungan SIAPKerja di PPU ini diharapkan menjadi salah satu solusi dari permasalahan ketenagakerjaan di wilayah Kaltim, khususnya di PPU yang menjadi titik sentra pembangunan IKN Nusantara.

“Anjungan SIAPKerja adalah sebuah layanan berupa one stop services berupa pelayanan terintegrasi bidang ketenagakerjaan. ini difungsikan bagi para pencari kerja untuk dapat mengakses informasi terkait ketenagakerjaan pekerjaan. Jadi dalam Anjungan SIAPKerja adalah paket lengkap dukungan kami terhadap IKN. Kami harap masyarakat PPU dan Umumnya Kaltim bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin,” kata Caswiyono Rusydie.  

Plt Bupati PPU, Hamdan Pongrewa bersama Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa mengecek Anjungan SiapKerja. (Ist)
Plt Bupati PPU, Hamdan Pongrewa bersama Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa mengecek Anjungan SiapKerja. (Ist)

Disebutkan, dukungan Kemnaker yang telah dirasakan langsung oleh masyarakat PPU  adalah diberikannya program pelatihan berbasis kompetensi, yang diikuti ratusan warga. Berbagai pelatihan diberikan untuk membekali masyarakat untuk menjadi bagian dalam pembangunan IKN baik secara langsung maupun tidak langsung. Kemnaker memfasilitasi berbagai pelatihan kepada masyarakat dengan melibatkan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda.

Bupati PPU Hamdan Pongrewa dalam sambutannya sangat berterima kasih atas dibangunnya Anjungan SIAPKerja ini. Dengan Anjungan SIAPKerja ini, diharapkan persoalan terkait pengangguran di PPU bisa berkurang, karena saat ini, PPU masih memiliki Pekerjaan rumah bahwa masih ada lebih dari 3 ribu pengangguran yang membutuhkan pekerjaan. Sebagai tindak lanjut bantuan dari Kemnaker, Pihak Pemkab PPU juga telah menyiapkan lahan sekira 10 hektar yang akan dihibahkan kepada Kemnaker untuk dibangun Balai Pelatihan Vokasi yang terletak di wilayah Kecamatan Babulu untuk program pengembangan pangan. (tim kemnaker/log) 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.