Kunjungi KIPI, Wabup Bulungan Akan Lakukan Evaluasi

Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala bersama jajaran. (Ist)
Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala bersama jajaran. (Ist)

Tanjung Selor, helloborneo.com – Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala bersama jajaran perangkat daerah dan Forkopimda memantau langsung progress pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning–Mangkupadi.

Tercatat sudah ada progress pembangunan yang dilakukan oleh PT Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) sejak Agustus tahun lalu, antara lain berupa dermaga sandar, infrastruktur jalan hingga bangunan gedung pengelola.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bulungan, Jahrah, mengungkapkan, kunjungan kerja ke KIPI Tanah Kuning – Mangkupadi untuk melihat langsung kesesuaian antara timeline atau tahapan pekerjaan yang dilaksanakan perusahaan dengan kondisi di lapangan.

Kemudian sebagai persiapan karena direncanakan tahun ini akan ada pula kunjungan dari pemerintah pusat melalui kementerian terkait.

“Kita melihat pembangunan gedung pengelola sudah sekitar 60 persen,” ungkapnya.

Dilanjutkan, sesuai arahan pemerintah pusat, pada 2024, KIPI atau Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) di Tanah Kuning – Mangkupadi yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) sudah dapat berproduksi.

Saat ini pihak tenant atau perusahaan tampak masih membangun infrastruktur dasar. Selain gedung atau bangunan pengelola, juga dibangun jetty atau dermaga tegak lurus, akses jalan serta infrastruktur lainnya.

“Kita juga sudah melihat mulai banyak tenaga kerja yang beraktifitas di sini,” ujarnya.

Ditambahkan, sejak Agustus tahun lalu hingga awal 2023, progress pembangunan di KIPI sudah tampak, meski masih ada kesulitan dari pemenuhan bahan baku pembangunan.

Disebutkan, kebutuhan bahan material ada didatangkan dari dalam Bulungan seperti dari wilayah Kecamatan Sekatak namun jumlahnya masih terbatas sehingga perusahaan harus mendatangkan material dari luar daerah. (ip/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.