DPRD PPU Jaga Pengendalian Investasi untuk Lingkungan Tidak Rusak

Bagus Purwa

Wakil Ketua DPRD Kabupaten PPU, Rauf Muin. (ESY)
Wakil Ketua DPRD Kabupaten PPU, Rauf Muin. (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, menegaskan ikut serta menjadi pengendalian investasi untuk lingkungan agar tidak rusak dengan adanya investasi di daerah yang akrab disapa Benuo Taka itu.

“Dalam menarik investasi harus dibarengi dengan pengendalian penanam modal itu,” ujar Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Raup Muin di Penajam.

Investasi dalam pembangunan sangat penting, lanjut dia, bakal berdampak pada pertumbuhan ekonomi, terbuka lapangan kerja dan menciptakan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Kemudian investasi menciptakan daya saing usaha, mendorong pengembangan ekonomi kerakyatan dan menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Tetapi, tegasnya lagi, aspek lingkungan harus menjadi salah satu syarat yang diberikan kepada investor yang akan melakukan investasi di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selektif dalam memilih penanam modal (investor) yang akan menanamkan modal (investasi) harus dilakukan untuk menghindari dampak buruk yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Dampak buruk yang menjadi perhatian adalah menyangkut potensi terjadinya kerusakan lingkungan dan penguasaan lahan secara berlebihan.

“Kami sebagai lembaga dengan fungsi pengawasan ikut serta dalam pengendalian investasi agar lingkungan tetap terjaga tidak rusak,” katanya.

Investor juga memiliki kewajiban dalam menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik, jelas dia pula, menghormati tradisional budaya masyarakat sekitar lokasi perusahaan dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dan setiap perusahaan wajib laporkan kegiatan investasi kepada lembaga atau instansi terkait di tingkat provinsi maupun kabupaten,” tambah Raup Muin.

Investor diberi kemudahan, namun dokumen perizinan sebagai syarat pada investor yang ingin melakukan investasi harus diperiksa dengan teliti sebelum diberikan izin. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.