OIKN Gambarkan Ibu Kota Negara Baru Indonesia melalui Nusantara Expo

Bagus Purwa

Kepala OIKN Bambang Susantono ketika memberikan keterangan pers saat membuka Nusantara Fair 2024 di Grand Auditorium Mal Kota Kasablanka, Jakarta. (Ist)
Kepala OIKN Bambang Susantono. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggambarkan ibu kota negara baru Indonesia bernama Kota Nusantara yang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, melalui Nusantara Expo.

Kota Nusantara bakal menjadi kota yang cerdas, hijau dan sangat menjunjung tinggi prinsip lingkungan dan berkelanjutan,” ujar Kepala OIKN Bambang Susantono di Penajam.

Nusantara Expo memberikan gambaran yang sudah disiapkan dan direncanakan digelar selama enam bulan, lanjut dia sebagai bentuk pemahaman kepada masyarakat menyangkut gambaran Kota Nusantara.

Nusantara Expo diadakan di sepanjang jalan menuju Sumbu Kebangsaan Kota Nusantara yang berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara itu menyajikan teknologi ibu kota negara masa depan Indonesia.

Teknologi masa depan yang disajikan pada Nusantara Expo itu di antaranya,.alat transportasi berupa mobil terbang (sky taxi) hingga tiang listrik yang dapat menyajikan informasi dan beragam teknologi paling mutakhir lainnya.

Pengelola mobil terbang diminta segara menyediakan semua kebutuhan, karena bakal dilakukan uji coba di Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, mobil terbang disiapkan perusahaan Korea Selatan yakni Hyundai.

Kemudian untuk tiang listrik yang dapat menyajikan informasi itu seperti tiang listrik biasa yang dirancang sedemikian rupa, dengan dilengkapi fitur-fitur bisa diakses untuk mendapatkan informasi mengenai Kota Nusantara.

“Informasi di tiang bisa diakses siapa pun seperti arah jalan, rumah sakit, taman, lokasi kantor pemerintahan dan lain sebagainya, bahkan juga bisa menjawab pertanyaan secara interaktif,” jelasnya.

“Sumber energi yang digunakan pada tiang listrik itu gunakan energi ramah lingkungan, yakni panel surya (energi cahaya matahari,” tambah Bambang Susantono.

Kementerian Perhubungan, kata dia lagi, juga sedang melakukan uji coba kendaraan tanpa awak untuk disajikan pada Nusantara Expo.

Nusantara Expo yang bakal diwarnai dengan kultur budaya khas Provinsi Kalimantan Timur itu, digelar setelah keluar putusan akhir dari Presiden Joko Widodo. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.