Apel Komandan Satuan Kodam VI/Mulawarman

Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam VI/Mulawarman TA 2024. (Ist)
Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam VI/Mulawarman TA 2024. (Ist)

Batu Licin, helloborneo.com – Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam VI/Mulawarman TA 2024 ditutup dengan kegiatan olahraga gowes dengan menempuh jarak sekitar 80 km bersama seluruh peserta yang dipimpin langsung oleh Pangdam VI/Mulawarman, Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo pada hari ketiga pelaksanaan Sabtu, 18 Mei 2024.

Pada gowes ini, Pangdam memberikan hadiah kepada 6 peserta yang berhasil finish diurutan terdepan. Sedangkan istri para komandan satuan melaksanakan jalan sehat yang dipimpin langsung oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah VI/Mulawarman, Rahma Tri Budi Utomo.

Untuk diketahui, Apel Komandan Satuan Tersebar TA 2024 di Wilayah Kodam VI/Mulawarman resmi di buka oleh Pangdam VI/Mulawarman pada Jumat, 17 Mei 2024 lalu.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menyamakan persepsi para komandan satuan dalam melaksanakan tugas pokoknya secara adaptif, profesional, modern dan tangguh guna mengoptimalkan pembinaan satuan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

Diawali dengan registrasi dan evaluasi yang disampaikan oleh Kasdam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana pada hari pertama, kegiatan berjalan dengan lancar di Aula Makodim 1022/Tanah Bumbu.

Kegiatan yang digelar di Kota Batulicin Provinsi Kalimantan Selatan ini diikuti seluruh Pejabat Utama Kodam VI/Mulawarman dan Komandan Satuan Jajaran Kodam VI/Mulawarman diantaranya para Kepala Badan Pelakasana Kodam VI/Mlw, para Komandan Kodim, para Komandan Batalyon, para Komandan Detasemen, para Komandan Kompi dan Peleton serta para Komandan Koramil.

Pada hari kedua pelaksanaan Apel Komandan Satuan tersebut, Pangdam dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakannya Apel Komandan Satuan kepada seluruh peserta yang hadir.

“Tujuan dilaksanakan apel komandan satuan ini sebagai salah satu sarana evaluasi pelaksanaan tugas komandan satuan agar lebih efektif dan produktif dalam rangka mewujudkan profesionalisme dan militansi prajurit satuan yang tangguh dan handal serta juga sebagai wahana komunikasi dua arah antara pimpinan Kodam VI/Mulawarman dengan para Dansat jajaran guna memahami setiap kebijakan pimpinan Kodam VI/Mulawarman dalam rangka meningkatkan kualitas pembinaan satuan, agar tercipta suasana hubungan kerja yang harmonis, efektif dan efisien,” ungkap Pangdam.

Pangdam juga menjelaskan selain itu untuk menyamakan pola tindak dan pola pikir dalam rangka meningkatkan kualitas kepemimpinan dan kemampuan manajerial komandan satuan dalam melaksanakan pembinaan dan pemeliharaan Protap satuan, sehingga dapat mewujudkan satuan yang siap operasi dengan optimal.

“Untuk itu diperlukan komandan satuan yang memiliki dedikasi, kreatifitas, inovasi, soliditas dan kepemimpinan lapangan yang handal untuk mewujudkan Visi TNI AD yang adaptif, profesional, modern dan tangguh guna mewujudkan Indonesia Maju, berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong,” tambah Pangdam.

Pangdam juga menekankan kepada para peserta Apel Komandan Satuan agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai landasan moral dalam menjalankan tugas sekaligus mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam pelaksanaannya.

Basic Skill para Dansat juga harus tetap terjaga/terpelihara antara lain kemampuan fisik, menembak, taktik dan drill serta mental pengabdian, hal tersebut sebagai penekanan kedua Pangdam kepada para peserta.

“Seorang Dansat harus mampu memahami masalah prajurit serta selalu menjaga kebersamaan dengan prajurit, mampu memotivasi anggota dan menjadi orator, memiliki kemampuan presentasi serta mampu memberi reward (penghargaan) bagi prajurit berprestasi dan punishment (hukuman) bagi anggota yang melakukan pelanggaran,” ucap Pangdam di penekanannya yang ketiga.

Pangdam juga menambahkan penekanannya yang keempat agar seorang Dansat harus memiliki karakter seorang pemimpin yang selalu berbuat yang terbaik, berbuat di luar kebiasaan/rutinitas serta hindari budaya meniru, make your self different, make your self become giver (buat dirimu tampil beda, buat dirimu menjadi pemberi) serta mampu memimpin dengan menjadi contoh/tauladan (lead by example) serta memimpin untuk melayani (Lead to serve).

Harus diingat bahwa pemimpin sejati akan membuat anggotanya melaksanakan perintah dengan sepenuh hati karena sukses dan lancarnya tugas yang diamanahkan kepada kita selain orang tua dan keluarga yang memberikan doa adalah anggota, untuk itu agar selalu bekerjalah dengan hati.

“Dansat dituntut untuk memaksimalkan kualitas pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya, diantaranya agar meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris serta membentuk forum diskusi dan team work untuk merumuskan konsep pembinaan satuan yang terbaik melalui peningkatan kepedulian, kepekaan, integritas dan profesionalisme dalam rangka mendukung keberhasilan tugas pokok TNI AD,” tutup Pangdam.

Di kota yang sama dan tempat yang terpisah, para istri komandan satuan mendapatkan pembekalan oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah VI/Mulawarman, Rahma Tri Budi Utomo.

Kemudian Ibu Rahma bersama para istri komandan satuan menyaksikan penayangan video kegiatan Persit diantaranya Juara 1 Posyandu Tingkat Pengurus Pusat, para kader berprestasi dan video produk unggulan Persit KCK PD VI/Mulawarman. Dalam kesempatan itu pula Ketua Persit KCK PD VI/Mulawarman menyempatkan untuk mengunjungi stand UMKM yang tersedia di lokasi acara.

Seusai sambutan Pangdam, kemudian dilanjutkan ceramah-ceramah pembekalan kepada peserta Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam VI/Mlw Tahun 2024, diantaranya dari dr.Tan Shot Yen tentang Stunting dan Gizi, dr.Heston tentang Kesehatan Jantung. Kemudian dari BRGM tentang Restorasi Mangrove, BNPB, Kementerian Pertanian RI dan PT.Jhonlin tentang profil perusahaan. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.