Pengidap HIV AIDS Di Penajam Ada 24 Orang

AH Ari B

Inilah Potret Kabupaten Penajam Paser Utara (Iskandar – Humas Setkab PPU)

Inilah Potret Kabupaten Penajam Paser Utara (Iskandar – Humas Setkab PPU)

Penajam, helloborneo.com – Kasus Human Immuno Deficiency Virus Acquired Immuno Deficiency Syndrome atau biasa disebut HIV AIDS di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) cukup tinggi, mencapai 24 orang, bahkan baru-baru ini Dinas Kesehatan PPU menemukan 1 orang positif HIV AIDS.

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan PPU, Eka Wardana mengungkapkan, pasien ODHA (Orang Dengan Hiv Aids) yang baru ditemukan ini berstatus sebagai ibu rumah tangga dengan satu orang anak.

Dengan adanya tambahan satu pasien, lanjut Eka, jumlah orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Kabupaten PPU kini menjadi 24 orang. “Awalnya pasien berjumlah 31 orang namun ada dua orang meninggal dan lima mutasi keluar daera, keduanyajuga sempat dirawat di Rumah Sakit di Balikpapan karena TBC akut,” kata Eka

Penyebaran penyakit menular yang kerap menyerang system kekebalan (imunitas) tubuh manusia ini diakui Eka cenderung naik dari tahun ke tahun. Sementara pemahaman masyarakat terkait penyakit ini masih rendah.

“Sesuai protap kita lakukan screening, penyuluhan seperti di VCT sebagai antisipasi. sedangkan bagi pasien kami imbau dapat menggunakan obat anti viral seumur hidup untuk memperpanjang atau menekan virus-virus di dalam tubuh,” tutupnya.(log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.