163 Wali Calon Taruna Teken Pakta Integritas

Cak Ris

 

Paser, helloborneo.com – Ratusan orang tua calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol), Brigadir dan Tamtama polisi yang lolos seleksi tahap pertama melakukan penandatangan Pakta Integritas di Mapolres Paser, Kalimantan Timur, Senin.

Penandatanganan pakta ini sebagai prinsip penerimaan calon taruna polri yang bersih, transparan, akuntabel dan serta humanis. Kapolres Paser AKBP Anggie Yulianto Putro SIK mengatakan, kepolisian sudah melakukan langkah transparan dalam setiap kegiatan dan pelayanan masyarakat. Termasuk dalam seleksi penerimaan taruna dan taruni Polri, baik Akpol, Brigadir maupun Tamtama.

“Penandatanganan ini bentuk komitmen bahwa dalam proses penerimaan calon anggota polisi dilakukan dengan bersih, transparan, akuntabel dan tanpa adanya biaya maupun pungli sebagai langkah kepolisian memerangi tindakan-tindakan oknum yang memanfaatkan momen situasi penerimaan polri,” kata Kapolres Paser AKBP Anggie Yulianto Putro usai membacakan amanat dari Kapolda Kaltim Irjen Pol Andayono.

Dikatakan Kapolres, animo masyarakat Paser yang mendaftar menjadi anggota Polri cukup tinggi. Dan pihaknya bersyukur dalam beberapa tahun terakhir, pendaftar dari Polres Paser masuk salah satu yang terbaik.

“Pada 2013, sekitar 35 pendaftar dinyatakan lulus dan pada 2014 naik menjadi 68 pendaftar lulus menjadi anggota polri,” ujar Kapolres Anggie.

Untuk 2015, kata dia, dari total 163 pendaftar, sebanyak 139 orang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama. Terbagi atas 3 pendaftar akpol, 115 orang pendaftar brigadir dan 21 pendaftar tamtama. “Mereka yang sudah lulus tahap pertama di Mapolres akan mengikuti tes selanjutnya di Polda Kaltim. Mulai dari tes administrasi, tes kesehatan dan tes lain,” jelasnya.

Sementara untuk acara penandatangan pakta integritas yang digelar kemarin, merupakan wujud komitmen semua pihak bahwa para orangtua paham dan mengerti tentang mekanisme pandaftaran. Bahwa kelulusan tergantung dari pribadi pendaftar. Jika memenuhi persyaratan dalam proses seleksi dipastikan akan bisa lolos seleksi.

“Harapan kami, semua bisa berkomitmen bersama. Tentunya, tidak akan ada pihak yang mengambil keuntungan dan kesempatan dalam pendaftaran ini,” ujar Kapolres Anggie (ris/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.