Sarana TNI AL Paser Masih Kurang Memadai

MR Saputra

Komandan Lanal Balikpapan, Letkol Laut (P) Arief Budiman saat mendampingi pemateri pada Safari Pres TNI AL 2015 (Ist)

Komandan Lanal Balikpapan, Letkol Laut (P) Arief Budiman saat mendampingi pemateri pada Safari Pres TNI AL 2015 (Ist)

Tana Paser, helloborneo.com – Patroli pengamanan perairan wilayah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, menjadi tugas utama Pos TNI Angkatan Laut Paser. Jika didukung dengan sarana yang memadai, tugas TNI AL mengamankan perairan Paser akan maksimal. Namun kenyataan di lapangan, sarana yang dimiliki Pos TNI AL Paser masih jauh dari kata memadai.

Komandan Pos TNI AL Kabupaten Paser, Lettu Laut (p) Suyadi mengatakan Sea Truck akan sangat membantu pekerjaan TNI AL untuk melakukan patroli. Mengingat luasnya perairan Kabupaten Paser, dengan menggunakan speedboot saja tidak akan cukup.

“Untuk Paser kami maksimalkan patroli titik terluar, kita pernah ajukan sarana sea truck ke Pemkab Paser, tapi sampai saat ini belum terealisasi,” ucap Suyadi.

Disampaikan Suyadi, saat ini patroli yang sering dilakukan hanya sebatas perairan Paser yang dapat dijangkau saja. Sarana yang seringkali digunakan adalah dua buah speedboot kecil, yang memiliki keterbatasan jangkauan. “Dengan sarana yang kita miliki hanya bisa menjangkau perairan dengan tinggi ombak yang tidak terlalu tinggi,” jelas Suyadi.

Suyadi juga menjelaskan selama ini pihaknya sering melakukan patroli gabungan dengan salah satu perusahaan batu bara. untuk melakukan pemantauan terumbu karang di Pulau Balabalagan yang jaraknya lebih 80 mil dari Pelabuhan Paser.

“Kita lakukan patroli gabungan dengan perusahaan karena perusahaan memiliki kapal jenis sea truck yang panjangnya kurang lebih 12 meter,” tutup Suyadi. (rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.