Populasi Sapi di Penajam 14.299 Ekor

AH Ari B

 

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiyatno. (AH Ari B - Hello Borneo)

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiyatno. (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Populasi Sapi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hingga April 2016, sebanyak 14.299 ekor, kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiyatno.

“Peningkatan populasi ternak sapi di Kabupaten Penajam Paser Utara, menunjukan kemajuan positif dengan adanya bantuan sapi jenis “brahman cross” dari pemerintah pusat,” ujar Arief Murdiyatno saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Rabu.

Hewan ternak sapi yang mengalami pertambahan cukup signifikan menurutnya, sapi jenis “brahman cross” dan sapi Bali, dimana hingga April 2016 kedua jenis hewan ternak sapi tersebut meningkat dua kali lipat.

“Untuk memenuhi target dua juta ekor sapi hingga 2018, masih jauh. Tetapi target populasi ternak sapi untuk mendukung program ketahanan pangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, telah terlampaui,” katanya.

Arief Murdiyatno berharap, para peternak sapi dapat mengoptimalkan pengelolaan dan pemeliharaan, karena tingkat pertambahan populasi sapi di Kabupaten Penajam Paser Utara, masih cukup minim.

“Pertambahan sapi di Penajam Paser Utara, hanya mencapai lima hingga 10 persen per tahun, angka pertambahan itu masih cukup minim,” jelasnya.

Untuk peningkatan populasi ternak sapi tersebut lanjut Arief Murdiyatno, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, juga telah menyiapkan program strategis.

“Program peningkatan hasil peternakan itu yakni, inseminasi buatan, perluasan areal pakan dan pengobatan massal hewan ternak,” tambahnya. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.