38 Kelompok UPPKS Penajam Ikuti Kaltim Fair

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera Kabupaten Penajam Paser Utara, mengikuti Kaltim Fair 2016 (Iskandar - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera Kabupaten Penajam Paser Utara, mengikuti Kaltim Fair 2016 (Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak 38 kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) mengikuti Kaltim Fair 2016, kata Kasi Keluarga Sejahtera Kantor Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Marlina.

“Kami telah ikutkan 38 kelompok pada pameran dan gelar dagang produk UPPKS Kaltim Fair 2016, di Hall Convention Sempaja Samarinda,” kata Marlina di Penajam, Rabu.

“Pada kegiatan gelar dagang produk unggulan daerah itu, Kelompok UPPKA perwakailan Kabupaten Penajam Paser Utara, mampu meraih omzet belasan juta rupiah,” jelasnya.

Marlina berharap, ke depan pembinaan terhadap kelompok UPPKS tersebut dapat lebih ditingkatkan, baik dari SKPD (satuan kerja perangkat daerah) terkait maupun dari pihak swasta.

Pembinaan dan pelatihan tersebut sangat perlu, sehingga kelompok UPPKS termotivasi dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berwirausaha serta meningkatkan kualitas kelompok usaha di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kelompok UPPKS itu menurut Marlina, adalah sekumpulan keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera yang sudah menjadi akseptor KB atau Keluarga Berencana plus yang berminat mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Selain itu lanjut dia, keluarga yang belum mengikuti program KB serta anggota masyarakat lainnya juga ikut aktif melakukan berbagai usaha bersama dalam bidang Usaha Ekonomi Produktif atau UEP tersebut.

“Kegiatan UPPKS itu sudah ada sejak 1979, perangkat Kantor KB-PP, PKK dan SKPD terkait mendorong, memfasilitasi dan mendampingi kelompok UPPKS memanfaatkan segala sumber daya lokal,” jelas Marlina.

“Kelompok UPPKS dibina terkait bahan baku, keahlian, kemampuan dan permintaan pasar untuk melakukan kegiatan dan meningkatkan ekonomi produktif,” tambahnya. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.