Balikpapan Bantu Sewa Rumah Korban Kebakaran

Bagus Purwa

 

Balikpapan, helloborneo.com – Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, segera menyalurkan bantuan uang sewa rumah kepada 19 kepala keluarga di Kelurahan Gunung Sari Ilir yang rumahnya ludes terbakar beberapa hari lalu.

“Pemerintah kota dalam waktu dekat akan segera memberikan biaya sewa rumah selama 12 bulan untuk setiap kepala keluarga korban kebakaran di Gunung Sari Ilir,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, kepada helloborneo.com di Balikpapan, Jumat.

Rizal Effendi juga sudah meninjau langsung lokasi kebakaran dan bertemu para korban untuk menyampaikan rasa prihatin atas musibah tersebut.

“Sekecil apapun kebakaran yang terjadi tentunya pemerintah prihatin, karena pasti ada korban. Kami putuskan memberikan bantuan sesuai keuangan daerah, yakni uang sewa rumah selama satu tahun bagi setiap kepala keluarga. Saat ini lagi proses dan akan segera diberikan,” jelas Rizal Effendi.

Selain itu, Pemerintah Kota Balikpapan juga mencoba menggalang bantuan bagi korban kebakaran, khusus anak-anak sekolah serta berupaya melakukan penataan tempat tinggal korban kebakaran tersebut.

“Pemerintah kota akan coba upayakan penataan wilayah. Sebagai korban, warga Kelurahan Gunung Sari Ilir itu wajib dibantu,” ucap Rizal Effendi.

Sementara itu, masyarakat Kota Balikpapan juga ikut membantu meringankan beban para korban kebakaran dengan memberikan bantuan mie instan, beras dan keperluan harian lainnya, seperti kaos, pembalut, sabun yang sudah terbungkus rapi dalam plastik.

Selama masa penanganan, sebanyak 61 jiwa dari 19 kepala keluarga korban kebakaran itu juga mendapatkan bantuan nasi bungkus siap makan tiga kali sehari dari Pemerintah Kota Balikpapan.

Dari 61 jiwa korban kebakaran yang terjadi pada Selasa (26/4) itu, terdapat tiga orang siswa SD, dua siswa SMP dan satu orang siswa SMA, serta seorang mahasiswa.

Di lokasi kebakaran di RT 45 dan RT 47 Kelurahan Gunung Sari Ilir, hingga kini masih mengeluarkan kepulan asap dan dikelilingi garis kuning atau garis polisi. (bp/*esa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.