Wagub Buka Pekan Daerah KTNA di Penajam

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal memukul gong menandai pembukaan Pekan Daerah ke-9 tingkat Provinsi Kaltim yang dipusatkan di Kecamatan Babulu, Kabupaten PPU (Subur Priono - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal memukul gong menandai pembukaan Pekan Daerah ke-9 tingkat Provinsi Kaltim yang dipusatkan di Kecamatan Babulu, Kabupaten PPU (Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Wakil Gubernur Kalimantan Timur, HM Mukmin Faisyal HP secara resmi membuka Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-9 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yang digelar di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu.

“Pemerintah provinsi sangat mendukung program di daerah khususnya bidang pertanian, perikanan dan kelautan, termasuk di Kabupaten Penajam Paser Utara,” kata Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wagub.

Menurut Gubernur, Pekan Daerah KTNA, selain sebagai ajang persiapan menuju Pekan Nasional KTNA pada 2017, juga diharapkan mampu memberikan nilai positif bagi kemajuan pertanian, perikanan dan kelautan di masing-masing daerah di Kalimantan Timur.

“Kendala besar yang dihadapi para petani di Kalimantan Timur, adalah masalah sumber air untuk pengairan lahan persawahan,” katanya.

Oleh karena itu lanjut dia, Kementerian Pertanian agar memikirkan kendala yang terjadi tersebut, karena pasokan atau sumber air untuk irigasi lahan pertanian merupakan persoalan yang sangat mendasar.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, telah mengusulkan pembangunan bendung gerak Sungai Telake, yang bisa mengairi 5.500 hektare sawah di Kabupaten Paser dan sekitar 13.000 hektare sawah di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar menambahkan, Pekan Daerah KTNA yang digelar 10-15 Mei 2015 tersebut, merupakan suatu forum pertemuan para kontak tani nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi dan informasi kontak tani (pelaku utama) dengan pemerintah serta pelaku usaha.

Kabupaten Penajam Paser Utara, tengah berupaya mengoptimalisasi pembangunan di sektor pertanian, sehingga diharapkan kegiatan yang mempertemukan tokoh tani dan nelayan dari seluruh Kalimantan Timur tersebut memberi dampak positif bagi upaya itu.

“Pemerintah daerah dan masyarakat, khususnya masyarakat di Kecamatan Babulu menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kagiatan Pekan Daerah KTNA yang telah dipercayakan untuk dilaksanakan di Kabupaten Penajam Paser Utara,” kata Yusran Aspar.

Sebanyak 1.348 peserta mengikuti Pekan Daerah KTNA tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2016, yang dipusatkan di Desa Gunung Mulia, Gunung Intan dan Desa Gunung Makmur di Kecamatan Babulu, mulai 10-15 Mei 2016 tersebut. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.