Disperindagkop Penajam Siapkan Lokasi Pasar Ramadhan

Bagus Purwa

BPOM  saat melakukan pemeriksaan kesejumlah pasar besar di Palangka Raya. (Eef - Hello Borneo)

Pasar Ramadhan. (Dok – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyiapkan sejumlah lokasi yang bisa digunakan masyarakat untuk kegiatan pasar Ramadhan.

“Lokasi pasar Ramadhan itu kami sebar pada empat kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara,” kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli, saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Minggu.

Menurut dia, syarat utama lokasi pasar Ramadan adalah tidak mengganggu ketertiban umum, terutama kelancaran arus lalu lintas.

“Meskipun bukan dikelola Disperindagkop UKM, dan sejatinya pasar yang dikelola masyarakat sendiri, tapi harus ikut aturan itu,” tegas Rusli.

Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, juga akan mengatur jam operasional pasar. Dasar aturannya adalah tetap jangan sampai pasar itu mengganggu ketertiban masyarakat.

“Apalagi Ramadhan adalah bulan suci saat umat Islam menjalankan lebih banyak ibadah daripada bulan-bulan lainnya,” ujar Rusli.

Pasar Ramadhan adalah pasar yang menjual kebutuhan berbuka puasa. Pasar Ramadan menjadi unik karena selalu menjual makanan yang sehari-hari di luar saat Ramadan sulit didapatkan. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.