PMI Berminat Kembangkan Infrastruktur Air Minum Penajam

Bagus Purwa

 

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar (Dok. Hello Borneo)

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar (Dok. Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – PT Potum Mundi Infrastruktur, salah satu perusahaan swasta nasional berminat menanamkan investasinya untuk pengembangan infrastruktur air minum di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Jumat, mengatakan PT PMI dengan pemerintah daerah melakukan serah terima nota kesepakatan bersama terkait kajian awal pengembangan infrastruktur air minum.

Serah terima nota kesepakatan itu sebagai bentuk keseriusan perusahaan tersebut untuk berinvestasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, khususnya dalam pengembangan infrastruktur air minum, mengingat pemerintah daerah selama ini belum mampu melayani kebutuhan air minum bagi masyarakat secara maksimal.

Menurut Yusran Aspar, permasalahan penyediaan air minum menjadi prioritas program pemerintah daerah yang harus diselesaikan, minimal dalam sisa waktu dua tahun ke depan.

“Persoalan air minum ini harus bisa diselesaikan pada sisa waktu kepemimpinan saya sekitar dua tahun ini,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini sudah membangun bendungan Lawe-lawe, water treatment plant (WTP), dan jaringan pipa untuk distribusi air minum.

Kendati saat ini menghadapi persoalan pembiayaan akibat defisit anggaran, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tetap berupaya mencari pinjaman dana untuk pengembangan infrastruktur itu.

“Pengembangan infrastruktur bisa saja melalui ‘publik private partnership’ atau kerja sama pemerintah dengan swasta,” jelas bupati.

Yusran Aspar menyatakan wilayah Penajam Paser Utara memiliki sumber daya air yang cukup melimpah, namun belum bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

“Pemerintah daerah punya kelemahan di bidang manajemen, pelayanan dan perencanaan umum air bersih, jadi diharapkan PT PMI bisa memberikan masukan,” katanya. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.