Penajam Ajukan Pinjaman Rp462 Miliar kepada SMI

AH Ari B

 

Pelaksana tugas Kepala Bagian Pembangunan Setkab Penajam Paser Utara, Nicko Herlambang (AH Ari B - Hello Borneo)

Pelaksana tugas Kepala Bagian Pembangunan Setkab Penajam Paser Utara, Nicko Herlambang (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengajukan pinjaman sekitar Rp462 miliar dana kepada PT Sarana Multi Infrastruktur untuk membiayai pengerjaan sejumlah proyek infrastruktur, karena anggaran daerah sudah tidak mencukupi.

Pelaksana tugas Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Nicko Herlambang saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa, mengatakan peminjaman dana itu salah satu alternatif yang diambil pemerintah daerah untuk menutupi pembiayaan sembilan proyek infrastruktur yang sedang dan akan dikerjakan.

“Opsi peminjaman dana itu merupakan pilihan terbaik, mengingat kondisi keuangan pemerintah daerah sedang krisis,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, awalnya berencana mengajukan pinjaman dana sebesar Rp1 trilun, namun setelah dievaluasi oleh PT SMI hanya disetujui Rp462 miliar

Proyek pembangunan infrastruktur yang diajukan melalui pendanaan pinjaman tersebut menurut Nicko Herlambang, di antaranya akses jalan menuju Kawasan Industri Buluminung, jalan Jumaiyah di Sungai Parit, Kelurahan Nipah-Nipah, serta jalan pendekat menuju Pulau Balang.

Ia berharap upaya peminjaman dana kepada PT SMI itu, dapat disetujui legislatif karena proyek fisik yang diajukan untuk menunjang peningkatan PAD (pendapatan asli daerah).

Peminjaman dana yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut, merupakan imbas dari pemangkasan dana bagi hasil pada 2016 yang mencapai sekitar Rp400 miliar.

Sehingga APBD 2016 Kabupaten Penajam Paser Utara mengalami defisit sekisar Rp393 miliar, seiring menurunnya dana bagi hasil minyak dan gas bumi dari pemerintah pusat tersebut. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.