Mengatasi Kerusakan Jalan di Penajam dengan Pemekaran Wilayah

MR Saputra

Gunawan, masyarakat Pemerhati kebijakan daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Mengatasi kerusakan jalan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dapat dilakukan dengan pemekaran wilayah kecamatan, kata Tokoh Pemuda setempat Gunawan.

“Kondisi jalan yang rusak saat ini melintang dari Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku hingga Simpang Silkar, Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam,” kata Gunawan ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat.

Menurut ia, banyak jalan yang rusak di kawasan Kelurahan Sotek, Trans Riko dan Kelurahan Pemaluan, serta Desa Binuang, Telemow dan beberapa desa sekitarnya, dapat teratasi dengan dilakukan pemekaran wilayah kecamatan.

Kerusakan jalan tersebut lanjut Gunawan, bukan saja terlihat di Jalan Poros Provinsi, namun hampir di setiap jalan penghubung desa dan kelurahan di wilayah Penajam Paser Utara juga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Ia menilai Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara harus melakukan pemekaran wilayah kecamatan agar pembangunan dapat dilaksanakan secara marata.

“Pemekaran wilayah kecamatan baru itu terdiri dari, Desa Binuang dan Telemow, Kelurahan Gersik, Sotek, Maridan, Trans Riko, Sepan, Jenebora , Pantai Lango dan daerah sekitarnya,” jelas Gunawan.

Dia menyatakan pemekaran wilayah kecamatan yang baru tersebut menjadi solusi untuk melakukan fokus pembangunan  di wilayah Penajam Paser Utara, hingga ke wilayah pelosok.

“Selama ini pemerintah kecamatan kerap gagal fokus pembangunan di sejumlah wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan,” ujar Gunawan.

Selain itu tambahnya, dengan adanya pemekaran wilayah kecamatan baru akan membantu pelayanan masyarakat, yang selama ini menjadi keluhan masyarakat yang tinggal jauh dari pusat pemeritah kecamatan maupun kabupaten.

“Pemekaran wilayah kecamatan sudah selayaknya ditindaklanjuti pemerintah kabupaten untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Gunawan.

Pemekaran juga sebagai salah satu solusi tepat dalam mendorong percepatan akselerasi pembangunan di wilayah pinggiran.

Gunawan menimpali lagi, “pemekaran itu bisa menjadi solusi untuk mendekatkan pelayanan kepada warga sekaligus mempercepat pembangunan infrastruktur di wilayah pinggiran,”. (bp/*mrs)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.