Seleksi Kompetensi Bidang CPNS 2018 Gunakan CAT

Ari B

Kepala BKPP PPU, Surodal Santoso.

Penajam, helloborneo.com – Seleksi kompetensi bidang atau SKB untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil 2018 akan menggunakan sistem “computer assisted tes” atau CAT, kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Surodal Santoso.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, seleksi kompetensi bidang CPNS (calon pegawai negeri sipil) 2018 ini ditetapkan menggunakan CAT sesuai bidang masing-masing,” ujar Surodal Santoso ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Sabtu.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara telah mempersiapkan sarana dan prasarana, kendati jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi bidang untuk tes CPNS 2018 belum ditetapkan Badan Kepegawaian Negara atau BKN.

Sebagai penyelenggara ujian CPNS 2018, lanjut Surodal Santoso, instansinya telah menyiapkan 100 unit komputer sebagai pendukung seleksi kompetensi bidang dengan menggunakan sistem CAT.

Selain itu, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara juga menyiapkan gedung bundar Islamic Center sebagai lokasi seleksi kompetensi bidang CPNS 2018.

“Sebelumnya juga kami gunakan gedung bundar Islamic Center itu untuk pelaksanaan seleksi kompetensi dasar CPNS,” ujar Suorodal Santoso.

BKN menggunakan sistem rangking menentukan lolos seleksi kompetensi dasar bagi peserta yang tidak lulus nilai ambang batas, untuk mengisi formasi yang kosong akibat sedikitnya peserta seleksi kompetensi dasar tidak memenuhi batas nilai minimal.

Lokasi Tes SKB CPNS di Islamic Center PPU.

Peserta seleksi yang tidak lulus nilai ambang batas akan dirangking sesuai nilai yang diperoleh, kemudian ditentukan peserta dengan nilai tertinggi meskipun tidak mencapai batas nilai minimal pada seleksi kompetensi dasar disesuaikan jumlah formasi yang dibutuhkan untuk seleksi kompetensi bidang.

“Kami mengirim tim untuk menyelesaikan perangkingan pelamar yang tidak mencapai nilai ambang batas pada seleksi kompetensi dasar ke BKN, sekaligus memastikan jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi bidang,” kata Surodal Santoso.

Kendati menggunakan sistem rangking untuk mengisi kuota formasi yang belum terisi, namun enam formasi CPNS di Kabupaten Penajam Paser Utara dipastikan tetap kosong karena tidak ada pelamar yang mendaftar pada enam formasi CPNS tersebut.

Formasi yang dipastikan kosong karena tidak ada peminat tersebut, dokter spesialis, dokter gigi, petugas sanitarian dan perawat khusus jalur mahasiswa lulusan terbaik minimal IPK 3,5 tidak pernah mengulang satu mata kuliah dan diwisuda tepat waktu atau “cumlaude”. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.