Penajam Gelar Rembug Wisata Tingkatkan Pengembangan Kepariwisataan

Bagus Purwa

Kepala Dinas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Penajam Paser Utara, Tita Deritayati.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menggelar Rembug Wisata untuk membahas berbagai masalah serta mendapatkan masukan dalam upaya meningkatkan pengembangan kepariwisataan di daerah itu.

“Pariwisata menjadi salah satu program unggulan pemerintah kabupaten untuk meningkatkan pendapatan daerah,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Penajam Paser Utara Tita Deritayati ketika ditemui helloborneo.com, Senin.

Rembug Wisata yang akan digelar di Log Pon SDR Kampung Waru Tua pada Selasa (9/4) dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata Kalimantan Timur itu, untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pariwisata.

Kegiatan yang dirangkai dengan penyuluhan Sadar Wisata atau Sapta Pesona tersebut juga bertujuan untuk peningkatan destinasi wisata di wilayah Penajam Paser Utara.

“Kami ingin ciptakan sinkronisasi antara pemangku kepentingan dengan pengusaha pariwisata, serta mitra kerja pariwisata sebagai upaya mendukung pertumbuhan pariwisata di Kabupaten Penajam Paser Utara,” jelas Tita Deritayati.

“Masyarakat sekitar destinasi wisata juga harus mendukung tumbuhnya iklim kepariwisataan dengan menonjolkan kearifan budaya lokal di wilayah Penajam Paser Utara,” ujarnya.

Kegiatan tersebut lanjut Teti Deritayati, juga sekaligus menyerap aspirasi masyarakat untuk mengembangkan Desa Wisata dalam pengembangan sektor pariwisata di wilayah Penajam Paser Utara.

“Kami perkirakan tahun-tahun mendatang jumlah wisatawan yang mengunjungi objek wisata di wilayah Penajam Paser Utara akan meningkat, terutama pada hari libur dan hari besar,” ucapnya.

Pencapaian jumlah pengunjung wisatawan tersebut tambah Tita Deritayati, akan bermanfaat bagi pertumbuhan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Sehingga diperlukan kesiapan serta dukungan semua lapisan masyarakat, pemerintah kabupaten dan pemangku kepentingan, serta pengusaha dan mitra kepariwisataan untuk mengembangkan sektor parwisata di wilayah Penajam Paser Utara,” tambahnya.

Kegiatan sliaturahmi pelaku pariwisata, serta Rembug Wisata dan penyuluhan Sadar Wisata atau Sapta Pesona tersebut juga diisi dengan promosi industri ekonomi kreatif dan potensi ekowisata susur Sungai Waru. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.