WTP Lawe-Lawe Penajam Segera Dioperasionalkan

Ari B

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR, Supardi Meninjau WTP Lawe-Lawe.

Penajam, helloborneo.com – Instalasi pengolahan air bersih (water treatment plant/WTP) Lawe-Lawe di wilayah Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, segera dioperasionalkan pada Juli 2019.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara, Supardi saat ditemui helloborneo.com, menyatakan optimistis WTP Lawe-Lawe dapat mulai dioperasikan di bulan juli ini.

Perakitan atau pemasangan delapan mesin untuk menunjang operasional pengolahan air bersih di wilayah Kecamatan Penajam tersebut telah rampung.

Proyek penyulingan air bersih itu telah diuji coba, sekaligus penyetelan mesin intake dan distribusi yang telah terpasang di WTP Lawe-Lawe.

“Ditargetkan awal bulan juli 2019 mesin pengolahan air bersih dapat dimaksimalkan,” ujar Supardi.

Instalasi pengolahan air bersih Lawe-Lawe menurut dia, memiliki tekanan cukup besar, sehingga perlu menggunakan pipa distribusi yang baru.

Sementara pipa distribusi Perusahaan Daerah Air Minum Danum Taka yang sudah termakan usia dan sering bocor akan dipensiunkan.

Instalasi pengolahan air bersih atau WTP di Kelurahan Lawe-Lawe, Kecamatan Penajam tersebut mulai dibangun pada 2009, dengan biaya sekitar Rp44 miliar bersumber dari APBD Kabupaten Penajam Paser Utara.

WTP Lawe-Lawe jelas Supardi, memiliki daya tampung sekitar 3.000 meter kubik dengan kapasitas produksi sebesar 200 liter per detik.

Instalasi pengolahan air bersih Lawe-Lawe tersebut dapat meningkatkan cakupan layanan air minum atau air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara.

“WTP Lawe-Lawe dapat menambah jumlah produksi air PDAM Danum Taka, dan mampu melayani pelanggan baru hingga 1.000 sambungan rumah,” kata Supardi. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.