Hanya 3 Pasang Calon Pasangan Jalur Perseorangan Lolos Menuju Pilkada 2020

Poto Istimewa.

Samarinda, helloborneo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim menyatakan hanya tiga pasangan calon perseorangan yang lolos persyaratan minimal dukungan menuju Pilkada 2020.

Berdasarkan Rapat Pleno Hasil Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pada Pilkada 2020 yang dilaksanakan di sejumlah KPU Kabupaten Kota se-Kaltim, pasangan pertama adalah calon Bupati dan Wakil Paser Tony-Fathur, kedua adalah calon Bupati dan Wakil Bupati Martinus-Aziz dari Kabupaten Kubar dan ketiga pasangan Zairin Zain-Sarwono sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda.

Dengan demikian, ketiga pasangan calon kepala daerah ini dinyatakan memenuhi syarat untuk bisa mendaftar pada masa pendaftaran calon Pilkada 2020 yang dijadwalkan KPU pada 4 sampai 6 September mendatang.

Sementara 5 pasang calon kepala daerah lainnya kandas di jalur penggalangan dukungan masyarakat ini. Yakni pasangan Parawansyah Assoniwora-Markus Taruk Allo (Samarinda), Ghufron Yusuf-Ida Prahastuty (Kukar), Eddy Subandi-Junaidi (Kukar), Sayyid Abdal Nanang Al Hasni-Rusmiyati (Kutim) dan Luhat Juan-Ngayun (Mahulu).

Atas hasil rapat pleno ini, Tony menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada masyarakat Kabupaten Paser, khususnya warga yang memberikan dukungan pada Tony-Fathur.

“Alhamdulillah, hari ini kami sudah menyelesaikan tahapan pertama. Jadi pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada masyarakat yang mendukung kami, selanjutnya silaturahmi dengan masyarakat akan semakin kami tingkatkan,” ungkap Tony, Sabtu (22/8/2020)

Sementara di Kabupaten Kubar, pasangan Martinus Herman Kenton dan Abdul Azis yang menamakan diri Gerbang Mas ini lolos setelah mengantongi jumlah dukungan 12.950.

Penetapan Gerbang Mas sebagai peserta Pilkada Kubar diputuskan lewat rapat pleno terbuka KPU Kubar di Hotel Sidodadi, Jumat (21/8/2020) kemarin.

Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye menambahkan berkas dukungan yang dikumpulkan sudah memenuhi syarat. Sehingga bisa maju dalam pencalonan September nanti. (sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.