Empat Kebakaran Hutan dan Lahan Terjadi di Penajam pada Juni

Ari B

Foto Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD PPU, Nurlaila.

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak empat kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Juni 2021.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistk BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurlaila saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa mengatakan, tercatat telah terjadi empat kebakaran hutan dan lahan di awal Juni 2021.

“Tiga peristiwa kebakaran hutan dan lahan terjadi di wilayah Kecamatan Penajam, satu kebakaran hutan dan lahan terjadi di wilayah Kecamatan Waru,” ungkapnya.

“Kebakaran hutan dan lahan terjadi karena cuaca panas dan angin cukup kencang,” tambah Nurlaila.

Memasuki musim kemarau masyarakat diminta selalu waspada terhadap aktivitas yang berpotensi menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara juga bekerja sama dengan TNI dan Polri mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Untuk antisipasi penanganan kebakaran lahan dan hutan jelas Nurlaila, instansinya melibatkan anggota TNI dan kepolisian.

“Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan sejak dini, kami utamakan pelibatan semua unsur,” ucanya.

“Unsur TNI dan kepolisian membantu monitoring dan sosialisasi, serta penanganan kebakaran hutan dan lahan di lapangan,” ujar Nurlaila.

BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara menurut dia, selalu bersinergi bekerja sama dan saling mendukung dengan TNI dan Polri di lapangan dalam penanganan bencana.

Saat melakukan pemadaman manual karena mobil pemadam tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran beberapa pekan lalu kata Nurlaila, BPBD dibantu petugas dari TNI dan kepolisian. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.