Realisasi Pungutan Pajak Penajam Paser Utara Mencapai Rp5,7 miliar

Ari B

Foto Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten PPU, Tohar.

Penajam, helloborneo.com – Realisasi pungutan pajak di Kabupaten Penajam Paser Utara, hingga saat ini telah mencapai lebih kurang Rp5,7 miliar, kata Kepala Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda setempat Tohar.

“Realisasi PAD (pendapatan asli daerah) dari sektor pajak pada tahun ini (2021) cukup positf,” ujar Tohar ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Rabu.

Realisasi perolehan Pajak tersebut lanjut Tohar, didominasi dari pungutan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Pungutan PBB P2 (pajak bumi bangunan perdesaan dan perkotaan) juga ikut menyumbang terhadap realisasi PAD Kabupaten Penajam Paser Utara.

Realisasi pungutan pajak tercatat meningkat dari tahun sebelumnya menurut Tohar, sampai pertengahan Juni 2021 sudah terkumpul sekitar Rp5,7 miliar.

Periode Januari hingga pertengahan Juni 2021 pungutan pajak di Kabupaten Penajam Paser Utara telah terealisasi lebih kurang Rp5,7 miliar, dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Pada 2020 dengan periode yang sama ungkap Tohar, PAD dari sektor pajak hanya mencapai sekitar Rp3 miliar, jadi ada kenaikan cukup signifikan tahun ini dari sektor pajak.

“Kami lakukan evaluasi terhadap efektifitas pelaksanaan perda (peraturan daerah) dan perbub (peraturan bupati) terkait pungutan yang menjadi kewenangan kabupaten,” ucap Tohar.

Setelah dilakukan evaluasi perda dan perbub tersebut tambahnya, dibandingankan dengan periode yang sama pada tahun sebelumya, pungutan pajak “minus” hanya pada Januari 2021.

Artinya kata Tohar, untuk bulan selanjutnya pada tahun ini (2021) ada peningkatan yang cukup signifikan pada pungutan pajak untuk menambah PAD Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Pendapatan Januari 2021 lebih sedikit dibanding tahun lalu, tetapi untuk bulan selanjutnya dan seluruhnya ada peningkatan dari sektor pungutan pajak,” kata Tohar. (adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.