Ribuan UKM di Penajam Penerima Bantuan Sosial Lolos Verifikasi Dasar

Ari B

Foto Kepala Dinas KUKM Perindag PPU, Sukadi Kuncoro.

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak 3.541 pelaku UKM (usaha kecil menengah) di Kabupaten Penajam Paser Utara, yang diusulkan mendapat bantuan sosial dari pemerintah pusat tahap kedua pada 2021, lolos verifikasi tingkat dasar.

Kepala Dinas Kukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara, Kuncoro saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Rabu mengatakan daftar calon penerima bantuan UKM 2021 tahap kedua telah dikirim kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Para calon penerima bantuan sosial tersebut dipastikan pendaftar baru dan belum pernah mendapat bantuan yang sama pada 2020.

“Seluruh data dan identitas pelaku UKM calon penerima bantuan sosial tahap kedua telah dikirim kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi Provinsi Kalimantan Timur,” ujar Kuncoro.

“Jumlah pelaku UKM calon penerima bantuan sosial dari pemerintah pusat yang dinyatakan lolos verifikasi tingkat dasar sekitar 3.541 UKM,” tambahnya.

Verifikasi tingkat dasar di antaranya kelengkapan identitas, serta surat keterangan usaha yang diterbitkan desa atau kelurahan.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara juga meminta calon penerima rutin melakukan pengecekan di apliksi BPUM pemerintah pusat.

“Seluruh calon penerima bantuan sosial diharapkan rutin melakukan pengecekan di aplikasi BPUM untuk memastikan terdaftar sebagai penerima bantuan pembiayaan usaha 2021,” ucap Kuncoro.

Bantuan sosial sebesar Rp1,2 juta tersebut merupakan program bantuan BPUM (bantuan produktif usaha kecil menengah) sebagai bantuan modal usaha.

Anggaran bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara atau APBN yang disalurkan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM).

“Bantuan sosial dari pemerintah pusat itu ditransfer langsung ke rekening masing-masing pelaku UKM yang berhak menerima bantuan,” kata Kuncoro. (adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.