Ratusan Warga Kota Balikpapan Terkonfirmasi Positif COVID-19

M Rizki

Foto Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Balikpapan, helloborneo.com – Sebanyak 291 warga Kota Balikpapan tercatat terkonfirmasi terpapar atau positif COVID-19, kata Kepala Dinas Kesehatan setempat Andi Sri Juliarty.

“Data hingga Minggu (11/7), tercatat 291 kasus COVID-19 dengan 20 orang meninggal dunia, dan 111 orang sembuh,” ujar Andi Sri Juliarty ketika ditemui helloborneo.com di Balikpapan, Senin.

Dengan kondisi tersebut ia meminta masyarakat Kota Balikpapan untuk segera melaporkan kepada tim kesehatan jika mengalami keluhan pada fisik baik pilek, demam, nyeri otot maupun diare agar dapat segera dilakuan pengobatan

“Dengan segera melaporkan jikamengalami keluhan itu, tim kesehata bisa menetapkan apakah itu COVID-19 atau hanya virus biasa,” ucap Andi Sri Juliarty.

Begitu pula bagi warga yang kontak langsung dengan orang terpapar virus corona, agar aktif segera melaporkan untuk dilakukan pengecekan.

Langkah-langkah tersebut jelas Andi Sri Juliarty, yang harus dilakukan masyarakat Kota Balikpapan agar terhindar dari kematian akibat COVID-19.

“Saat ini kebanyakan yang meninggal dunia akibat virus corona itu di rumah bukan di rumah sakit, setelah dilakukan tes DNA baru diketahui kalau penyebab kematianntya akibat COVID-19,” jelasnya.

“Kami harapkan warga bisa bekerja sama dengan melaporkan apapun gejala yang dialami kepada tim Satgas COVID-19, agar tim Satgas bisa segera mengambil tindakan dan mendata warga yang terdeteksi reaktif,” tambah Andi Sri Juliarty.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah megirikan bantua kepada Kota Balikpapan untuk penanganan virus corona berupa 24 lembar APD (alat pelindung diri) , masker dan sepatu boot.

Bantuan tersebut kata Andi Juliarty, untuk tenaga kesehatan dalam menangani COVID-19, dan masyarakat diminta untuk terus mematuhi protokol kesehatan agar kasus virus corona cepat terselesaikan. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.