Pembelajaran Tatap Muka Ditunda Karena Balikpapan Zona Merah

Joko Sugiarto

Foto Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Muhaimin.

Balikpapan, helloborneo.com – Pembelajaran secara langsung atau tatap muka di Kota Balikpapan ditunda karena daerah itu berstatus zona merah penyebaran virus corona atau COVID-19.

“Belajar tatap muka belum bisa dilaksanakan karena kasus COVID-19 terus meningkat dan Balikpapan sudah berstatus zona merah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Muhaimin ketika dihubungi helloborneo.com di Balikpapan, Sabtu.

“Kami menerima surat edaran PPKM (pemberlakukan pengetatan kegiatan masyarakat), jadi kembali meneruskan kegiatan belajar mengajar secara dalam jaringan (daring/online),” tambahnya.

Namun Dinas Pendidikan Kota Balikpapan tetap akan membuka peluang adanya pembelajaran tatap muka di beberapa sekolah, jika kondisi kasus COVID-19 di Kota Balikpapan melandai atau berkurang.

Pembelajaran secara langsung atau tatap muka menurut Muhaimin, masih mungkin untuk dilaksanakan dengan mempertimbangkan kondisi perkembangan kasus COVID-19.

“Kami tidak bisa menolak keinginan wali siswa, jika kondisinya melandai bisa saja pembelajaran tatap muka di zona kuning dan hijau dilaksanakan, jadi hanya tinggal menunggu perkembangan pandemi saja,” ucapnya.

Dinas Pendidikan Kota Balikpapan tidak akan menggelar simulasi apabila pembelajaran tatap muka bisa dilakukan.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, 10.232 guru dan tenaga pengajar di Kota Balikpapan telah melakukan vaksinasi., sehingga sekolah sudah memiliki standar prosedur tetap protokol kesehatan.

Sekolah sudah punya SOP jika pembelajaran tatap muka terbatas dibuka kata Muhaimi, beberapa waktu lalu instansinya sudah melakukan dua kali simulasi pembelajaran tatap muka, orang tua murid tidak perlu khawatir, semua guru dan tenaga pengajar sudah divaksin.

Pembelajaran tatap muka merupakan keinginan sebagian besar peserta didik dan wali murid pada Tahun Ajaran baru 2021-2022 yang sudah memasuki pekan pertama kalender akademik. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.