Polisi Paser Berhasil Ringkus Pelaku Pembunuhan

Awal Achmad

Foto Istimewa.

Tana Paser, helloborneo.com – Kepolisian Resor atau Polres Paser berhasil meringkus pelaku pembunuhan rekan sekerja pembangunan Tower Radio Pemancar Desa Jone, Kecamatan Tanah Grogot.

“Kami tangkap pelaku saat bersembunyi di rumah temannya di daerah Batakan, Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur Kamis (15/7) sekitar pukul 20.00 Wita,” ujar Kasat Reskrim Polres Paser, APK Dedik Santoso, ketika dihubungi helloborneo.com di Tana Paser, Sabtu.

Saat diringkus pelaku tidak melakukan perlawanan jelasnya, pelaku mengakui telah membunuh rekannya sesama buruh bangunan. Motif sakit hati dan pembagian upah yang dinilainya tidak adil jadi pemicu pelaku menghabisi rekannya pada Senin (12/7) sekitar pukul 11.00 Wita.

Jasad korban baru ditemukan satu hari setelah peristiwa pembunuhan pada Selasa (13/7) sekitar pukul 09.00 Wita dengan posisi telungkup. Warga dibuat kaget, hingga dilaporkan ke Polres Paser.

Uang yang diberikan oleh mandor saat itu senilai Rp500 ribu, diperuntukkan korban, pelaku dan rekan kerja lainnya, korban mengambil Rp200 ribu, sedangkan tersangka dan rekannya masing-masing dikasih Rp150 ribu.

Pembagian hasil yang tak adil tersebut bukan kali pertama, setidaknya ketiga kalinya. Mereka sudah bekerja sekitar dua pekan. Janji untuk dibelikan sembako untuk makan sehari-hari juga tidak ada, melainkan berupa mie instan.

“Karena itulah, pelaku merasa sakit hati hanya diberi makan mie instan dan upah Rp150 ribu,” jelas Dedik Santoso.

Pelaku dan korban cekcok, kemudian korban naik sepeda motor bergegas meninggalkan tempat kejadian perkara (TKP). Karena sudah terlanjur emosi, pelaku langsung mengambil palu godam dan memukul bagian kiri kepala korban.

Barang bukti (BB) yang turut diamankan, yakni cangkul, palu godam dan sepeda motor, Sedangkan untuk keterlibatan rekannya sementara masih dalam pemeriksaan.

Pelaku pembunuhan rekan sekerja tersebut dikenakan pasal 338 KUHP (kitab undang-undang hukum pidana) dengan ancaman 15 tahun penjara, atau Pasal 351 ayat (3). (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.