Kemensos Bantu Rp15 Juta Untuk Perbaikan Rumah Warga Kurang Mampu

Bagus Purwa                                                          

Penajam, helloborneo.com – Kementerian Sosial atau Kemensos memberikan bantuan Rp15 juta untuk perbaikan rumah warga kurang mampu di Kabupaten Penajam Paser Utara, kata Kepala Dinas Sosial setempat Bagenda Ali.

“Kemensos berikan bantuan Rp15 juta per KK (kepala keluarga) warga kurang mampu untuk perbaikan rumah pada tahun ini (2021),” ujar Bagenda Ali ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Jumat.

Dinas Sosial Kabupaten Penajam Paser Utara memastikan 100 KK warga kurang mampu mendapatkan bantuan perbaikan rumah dari Kemensos.

Usulan calon penerima bantuan perbaikan rumah menurut Bagenda Ali, sudah diakomodir dan dipastikan 100 KK dapat bantuan sosial tersebut.

Dari data yang diterima lanjut ia, bantuan perbaikan rumah untuk 100 KK warga kurang mampu Kabupaten Penajam Paser Utara tengah diproses Kemensos.

“Bantuan dari Kemensos untuk memperbaiki atap, dinding serta lantai rumah warga kurang mampu yang menerima bantuan,” ucap Bagenda Ali.

“Penerima manfaat tidak diperbolehkan menggunakan bantuan itu untuk yang lainnya, sebab bantuan dikhususkan untuk perbaikan rumah,” tambahnya.

Batuan perbaikan rumah warga kurang mampu tersebut merupakan program pemerintah pusat, yakni rehabilitas sosial rumah tidak layak huni.

Program tersebut merupakan salah satu kegiatan Kemensos dalam penanganan warga kurang mampu atau fakir miskin di daerah seluruh Indonesia.

Rehabilitas sosial rumah tidak layak huni untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal warga kurang mampu atau fakir miskin.

Perbaikan rumah warga kurang mampu dalam program tersebut diprioritaskan atap, dinding, lantai serta fasilitas MCK (mandi cuci kakus). (bp/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.